oleh

490 CPNS Maybrat Ikut Latsar

-Metro-57 views

SORONG- Setelah beberapa kali mengalami penundaan, akhirnya Bupati Maybrat, Dr. Drs. Bernard Sagrim,MM didampingi Sekda Maybrat, Jhony Way, S.Hut.,M.Si., dan sejumlah pejabat membuka kegiatan Latihan Dasar (Latsar) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi tahun 2018. Pembukaan Latsat yang diikuti sebanyak  490 dari total 519 CPNS tersebut dilakukan secara virtual di Vega Hotel Kota Sorong (30/6).

Dalam laporannya, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Maybrat, yang dibacakan Kasubid Diklat, Serar Akwila Kambuaya,S.IP menyebutkan, tujuan Latsar untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap para calon ANS untuk dapat melaksanakan tugas secara profesional dengan dilandasi kepribadian dan etika PNS sesuai kebutuhan organiasasi dan juga menciptakan kesamaan visi dan dinamika pola pikir dalam melaksanakan tugas pemerintahan umum dan pembangunan demi terwujudnya pemerintahan yang baik dan bersih.

PMB OPBJJ-UT Sorong

Pelaksanaan Latsar akan dibagi alam tiga gelombang terhitung mulai 30 Juni sampai dengan Desember 2021. Adapun materi latsar adalah Overview Kebijakan, Dinamika Kelompok, Wawasan Kebangsaan, Analisis isu Kontemporer Mandiri, kesiapsiagaan dan konsp aktualisasi diri sedangkan tenaga widyaswara semuannya dari Puslitbang KMP LAN RI Makasar.

Kepala Pusdiklat KMP LAN RI, Dr. Andi Taufik,M.Si dalam sambutannya mengatakan, Latsar CPNS Maybrat hari ini merupakan catatan penting dalam sejarah pemerintahan Kabupaten Maybrat. UU nomor 5 tahun 2014 yang dipertegas dengan Permen 17  bahwa untuk mengangkat seseorang menjadi seorang PNS itu harus melalui dua hal, yang pertama adalah sehat jasmani-rohani dan yang kedua harus lulus Diklat CPNS atau Latsar. Oleh karenanya perlu ditegaskannya bahwa tidak mungkin seseorang diangkat menjadi Pegawai Negeri kalau tidak melalui yang namannya Dilkat (Latsar) dan dinyatakan lulus.

Dalam ketentuan UU nomor 5 tahun 2014, ditegaskan bahwa Latsar Prajabatan CPNS dilakukan hanya satu kali penentuan kelulusannya pun dapat dilakukan satu kali. Dengan demikian, apabila tidak dinyakan lulus pada Latsar saat ini, maka dapat dipastikan hak dari yang bersangkutan untuk menjadi PNS gugur secara otomatis. Oleh karena itu, selama mengikuti pendidikan ini harus sabar dan disiplin, tidak boleh main-main, karena dalam penilaian ada tiga kategori yaitu Lulus, ditunda kelulusan dan tidak lulus.

Bupati Maybrat, Dr. Drs. Bernard Sagrim,MM dalam sambutannya, berharap kepada peserta agar mengikuti kegiatan Latsar ini dengan baik. Karena sebagaimana yang disampaikan Kepala Pusdiklat LAN RI bahwa, latsat ini hanya sekali dalam siklus kariernya sebagai seorang ASN. “ ini kesempatan yang tidak main main, apalagi CPNS ini hanya menunggu kemurahan saja. Apalagi dalam situasi negara saat ini mengalami badai Covid-19. “ tandasnya sembari menambahkan bahwa tidak semua warga negara bisa mendapat kesempatan baik seperti yang adik adik Peserta Latsar dapat Saat ini” tandasnya. (ris)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed