oleh

40 Pengrajin Terima Dana Stimulan

-Metro-42 views

Sebanyak 40 pengrajin di Kabupaten Sorong memperoleh stimulan masing-masing Rp 1 juta yang diberikan oleh Dewan Kerajinan Nasiona Daerah (Dekranasda) Provinsi Papua Barat melaui Ketua Dekranasda Kabupaten Sorong, Junita Linda Kamuru di Kediaman Bupati Sorong, Selasa (8/9).

Menurut Junita, adanya bantuan di tengah pandemi Covid-19 bagi para pengrajin sangat membantu dalam meningkatkan semangat dan memotivasi para pengrajin untuk tetap berkreativitas membuat hasil kerajinan yang dapat dipasarkan. 

“Dengan adanya stimulan ini, kami berharap agar kerjaninan dan produk olahan bisa tersalurkan dengan baik,” harapnya.  

Selain bantuan uang tunai kepada 40 pengrajin di Kabupaten Sorong, Dekranasda juga memberikan bantuan bahan pokok terhadap 250 pengrajin lainnya di Kabupaten Sorong. “Tidak hanya Rp 40 juta untuk 40 orang,  tetapi juga 250 bapok untuk 250 pengrajin lain,” jelasnya.  

Meski kepengurusan Dekranasda Kabupaten Sorong belum dilantik, namun menurut Junita, hasil kerajinan dari pengrajin di Kabupaten Sorong selalu diikutkan dalam setiap pameran untuk lebih dikenal oleh masyarakat luas.  

Saat ini, Deranasda Kabupaten Sorong sedang berupaya untuk membuatkan 1 galery bagi para pengrajin untuk memasarkan dan memperkenalkan hasil kerajinan mereka. “1 Ruko di Pujasera akan kami gunakan untuk galeri Dekranasda,” ucapnya.  

Hal tersebut disepakati pula oleh Dinas Perdagangan Kabupaten Sorong untuk menjadikan salah satu ruko di Pujasera sebagai galeri untuk para pengrajin Kabupaten Sorong. “Di Pujasera ini akan seperti pameran, jika ada tamu bisa kami bawa ke galeri, ada pasar juga disana bisa lebih memasarkan hasil kerajinan para pengrajin,” terang Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Sorong, Ramses Marpaung. (nam)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed