oleh

4 Tempat Ibadah Langgar PPKM Darurat

MANOKWARI – Minggu kedua penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di wilayah Manokwari masih banyak ditemukan pelanggaran di lapangan. Kerumunan di tempat-tempat umum masih terjadi.  Dandim 1801/Manokwari Kolonel Arm Airlangga mengatakan, jajarannya telah melaksanakan pengawasan di lapangan. Pelanggaran umumnya terjadi pada tempat keramaian dan fasilitas umum yang masih beroperasi di luar jam buka yang telah ditentukan pemerintah seperti rumah makan, pasar, tempat ibadah dan tempat hiburan.

Hasil dari Operasi Protokol Kesehatan ditemukan sebanyak 12 rumah makan, 4 tempat ibadah dan 2 tempat wisata melanggar PPKM Darurat. Pelanggaran juga banyak ditemukan di Pasar Sanggeng dan Pasar Wosi serta 5 toko. “Masih banyak pelanggaran yang terjadi, sehingga perlu sosialisasi lebih luas lagi terhadap Instruksi Gubernur maupun Instruksi Bupati terkait PPKM Darurat khususnya di Manowari,” ujar Dandim kepada wartawan, Jumat (16/7).

Operasi Protokol Kesehatan lanjut Dandim, merupakan perintah Panglima Kodam XVIII/Kasuari yang bertujuan untuk menertibkan pelaksanaan PPKM Darurat dan pengawasan terhadap penerapan Prokes pada masyarakat seperti penggunaan masker dan menghindari kerumunan atau keramaian.

Semua pihak diminta mematuhi peraturan sepenuhnya dan bekerjasama. Sehingga mobilitas masyarakat di masa PPKM ini dapat ditekan dan penularan yang terjadi di masyarakat dapat semakin menurun dan bagi yang melanggar, akan ditindak tegas hingga dicabut izin operasionalnya.

Pantauan Radar Sorong, Jumat (16/7), masih banyak masjid di Manokwari  yang menyelenggarakan salat Jumat. Padahal,  Instruksi Gubernur Nomor 2 Tahun 2021 menyebutkan, tempat ibadah (masjid, mushola, gereja, pura, vihara, dan klenteng serta tempat lainnya yang difungsikan sebagai tempat ibadah) ditiadakan sementara dan kegiatan peribadatan dilakukan di rumah masing-masing. Namun banyak juga masjid yang tidak menyelenggarakan sholat Jumat, 16 Juli, seperti Masjid Darul Ulum Amban, Masjid Ridwanul Bahri, Masjid Nurul Huda dan lainnya.(lm)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed