oleh

4 Orang Dipulangkan, Positif Covid tersisa 4 orang

-Metro-105 views

AIMAS– Bupati Sorong, Dr. Johny Kamuru,SH,M.Si kembali memulangkan 4 orang pasien Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang dinyatakan sembuh setelah menjalani Swab Test 2 kali dengan hasil negatif. Pemulangan dilakukan secara simbolis di halaman Kantor Bupati Sorong, Kamis (2/7).

Ketua Tim Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kabupaten Sorong, Ir. Moh Said Noer.,M.Si menyampaikan, dari total 51 kasus positif Covid-19 di Kabupaten Sorong, 47 orang telah dinyatakan sembuh dan dikembalikan ke keluarganya.

“Tersisa 4 orang lagi yang masih di Gedung PKK dan GOW, persentase kesembuhan mencapai 92.16 persen,” terangnya.

Dengan dipulangkan 4 orang pasien sembuh Covid-19 kemarin, maka cluster Gowa telah dinyatakan selesai. Adapun cluster gowa terakhir yakni, pasien asal Jayapura yang rencananya akan kembali ke Jayapura dengan dibiayai oleh Pemerintah Kabupaten Sorong, namun sebelumnya harus menjalani karantina mandiri selama 14 hari lebih dulu di wilayah Klamalu. 

“Satu orang yang pulang ini berasal dari Jayapura dan masuk dalam cluster Gowa, jadi cluster Gowa sudah selesai,” ungkapnya. 

Selain pasien asal Jayapura, 3 pasien lainnya yang dinyatakan sembuh yakni, seorang pekerja asal Surabaya yang dinyatakan positif saat ingin kembali ke Surabaya dan seorang ibu serta nenek dari anak yang baru dilahirkan secara caesar pada 14 Juni 2020. 

“Ibu dan nenek dari bayi yang baru dilahirkan juga akhirnya dinyatakan negatif 2 kali setelah tes swab 2 kali,” 

Sementara itu, 4 pasien yang masih positif Covid-19 kini berada di pusat karantina yang terbagi di gedung PKK dan GOW. 1 pasien dirawat di RSUD Sele Be Solu dan 1 orang lagi petugas salah satu perusahaan di daerah Salawati. 

“Kalau yang di GOW masih positif, kalau yang di PKK hasilnya meragukan, sehingga kedua orang ini akan swab lagi untuk datanya dianalisa,” ucapnya.

Direncanakan, Sabtu (4/7) akan dilakukan swab tes di kompleks KPR Cendrawasih dengan harapan seluruh hasilnya negatif, sehingga Kabupaten Sorong tidak ada penambahan pasien Positif Covid-19. Meski demikian, ia berpesan agar seluruh pasien yang telah dinyatakan sembuh dapat tetap menajalankan protokol kesehatan selama beraktivitas nantinya. 

Berkurangnya jumlah pasien Covid-19 di Kabupaten Sorong mendapatkan tanggapan luar biasa dari Bupati Sorong yang dengan bangga menyemangati Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Sorong yang telah bekerja keras dengan hasil yang diberikan sebagai pertanda baik untuk selesainya Covid-19 di Kabupaten Sorong. 

“Saya juga terima kasih ke seluruh pasien, Sinergitas TNI/Polri, kita harus bisa menang melawan Covid-19,” ucapnya.

Sementara itu di Kota Sorong, dua Orang Tanpa Gejala (OTG) Covid-19 juga dinyatakan sembuh. Sehingga angka penyembuhan Kota Sorong kembali mengalami penambahan dengan total kasus sembuh Covid-19 berjumlah 43 orang. Dua OTG sembuh tersebut, berinisial MU beralamat di Kelurahan Rufei dan AP beralamat di Kelurahan Malamso.

“Kami kembali menerima 11 sample dari laboratorium  Balitbangkes Makasar, dan hasilnya dua orang positif Covid-19 Kota Sorong dinyatakan sembuh sementara itu 9 sampel dinyatakan negatif Covid-19. Dari penambahan dua pasien sembuh tersebut total keseluruhan pasien sembuh naik 43 orang,”jelasnya kepada awak media, kemarin.

Rilis beberapa hari terakhir ini, sambungnya tidak ada penambahan kasus positif. Ia berharap sampel yang diperiksa ada tingkat kesembuhan dan kasus negatifnya terus meningkat. Dan total pemeriksaan laboratorium sampai saat ini untuk Kota Sorong sudah 890 sample. Hal ini menunjukan bahwa tim Surveilans telah melaksanakan tugasnya untuk melacak penyebaran Covid-19. Sehingga pihaknya mendapatkan gambaran tentang perkembangan  Covid-19 di Kota Sorong. 

“Ini tujuan untuk ditangani agar penyebaran Covid-19 di Kota ini cepat diatasi dan ditekan agar tidak semakin meluas di Kota Sorong,”ujarnya.

Sementara itu, perkembangan Covid-19 Kota Sorong, dimana OTG berjumlah 653 orang, ODP 237 orang, dimana yang telah selesai pemantauan 201 orang dan sementara proses 72 orang. Kemudian PDP berjumlah 53 orang, dimana yang selesai pemantauan 44 orang, sementara proses 9 orang. Meninggal dunia berjumlah 12 orang serta hasil lab negatif 600 orang dan kasus  positif Covid-19 berjumlah 95 orang. 12 orang sedang di karantina di Diklat Kampung Salak.

“Dalam dua hari berturut-turut tidak ada penambahan kasus positif, kami merasa ini merupakan kerja sama antara pemerintah, Satgas, TNI/Polri serta masyarakat Kota Sorong dan kami berharap ini memberikan gambaran bahwa masyarakat sudah taat melaksanakan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga penyebaran Covid-19 tidak semakin meluas,”pungkasnya.(juh/nam)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed