oleh

4 Bulan, 10 Tersangka Curanmor Ditangkap

-Metro-157 views

SORONG-Dalam kurun waktu 4 bulan yakni bulan Maret hingga Juni 2020, Polres Sorong Kota berserta jajaran Polsek berhasil menangkap para pelaku tindak pidana pencurian sepeda motor dan pencurian dengan kekerasan yang terjadi di wilayah hukum Polres Sorong Kota, Senin (29/6).

Kapolres Sorong Kota, AKBP Ary Nyoto Setiawan, S.IK, MH menjelaskan selama periode bulan Maret hingga Juni 2020, Polres Sorong Kota berhasil mengungkap beberapa kasus pencurian sepeda motor, pencurian dengan kekerasan, narkoba dan pembunuhan. Beberapa kasus ini merupakan rangkaian kasus yang menonjol bila dibandingkan dengan kasus lainnya di Kota Sorong.

“Dua kasus pencurian curas dan curanmor, kemudian penganiayaan yang mengakibatkan meninggal dunia serta 2 kasus narkotika,”jelasnya dalam pers conference, kemarin.

Pertama, sambung Kapolres, kasus pencurian dengan pemberatan yang melibatkan 3 tersangka berinsial OF, A dan R, dua diantaranya yakni A dan R masih DPO. Barang buktinya berupa 5 buah kasur. Tersangka OF melanggar pasal 363 ayat 2 KUHP dengan ancaman pidana 9 tahun penjara. Kemudian kasus kedua yakni pencurian sepeda motor (Curanmor) dimana ada 5 kasus berdasarkan hasil penangkapan Polres Sorong Kota maupun jajaran Polsek setempat.

“Adapun barang bukti yang diamankan sebanyak 13 unit sepeda motor dan tersangka berjumlah 10 orang diantaranya IRDO, J, AAN, JTI, W, NMR, JFH, MF, D dan IJAW. Pelanggaran pasal 363 ayat 1 dengan ancamana pidana 7 tahun penjara,”ujarnya.

Kemudian, dua orang tersangka berinisial JTI dan W yang juga diamanakan atas kasus pencurian sepeda motor yang dilakukan pada 4 April 2020 lalu, dari kedua tersangka diamankan 11 unit sepeda motor curian. Tersangka dikenakan pasal 363 ayat (2) KUHPidana. Sementara itu, berdasarkan ungkap kasus dari Polsek Sorong Barat, diamankan 2 pelaku pencurian  motor berinisial NRM (18) dan JFH (24) serta 1 orang penada berinisial MF (18) dan barang bukti yang diamankan berupa 6 unit sepeda motor.

Kemudian, Polsek Sorong Timur, turut melakukan penangkapan terhadap dua orang pelaku pencurian sepeda motor berinsial JAS dan PMK yang dikenakan pasal 363 sementara itu IJAW merupakan penanda dari motor curian yang dikenakan pasal 480 dan barang bukti yang diamankan sebanyak 8 unit sepeda motor. Untuk motif pelaku ini tidak menggunakan kunci T, melainkan memutuskan kabel kendaraan yang akan dicuri dan langsung sambungkan ke kabel lainnya untuk dihidupkan.

Kemudian, 1 kasus penganiayaan berat yang mengakibatkan korban SR meninggal dunia di samping Masjid Al-Jihad Kota Sorong sekitar pukul 03.00 WIT, Minggu (3/5) dini hari dengan barang bukti yang diamankan berupa 2 buah pisau yang digunakan tersangka. Tersangka 2 orang  berinisial RD dan ZM yang berjenis kelamin laki-laki.

“ Mereka melanggar pasal UU darurat dengan ancaman pidana 12 tahun penjara kemudian pasal 338 dengan ancaman pidana 15 tahun penjara junto pasal 351 ayat 3 ancaman 7 tahun penjara,”ungkapnya.

Menurut pengakuian ZM, dirinya merasa kesal dengan korban karena diludahi, sementara RD pun juga merasa kesal dengan korban lantaran korban yang entah datang dari marah mana, kemudian memukulnya. Sehingga RD pun mengajak ZM untuk melakukan aksi penganiayaan hingga mengakibatkan SR meninggal dunia.

Selanjutnya, kasus narkotika dengan barang bukti berupa sabu-sabu seberat 1,5 gram kemudian kasus kedua berupa ganja sebanyak 880 gram dengan rincihan 49 paket besar, 7 paket sedang dan 47 paket kecil. Tersangka berjumlah 3 orang, dimana 2 orang tersangka kasus narkotika jenis sabu berinisial M berjenis kelamin perempuan dan R berjenis kelamin laki-laki yang diamankan berdasarkan hasil koordinasi antara Polres Sorong Kota dan Lapas Klas II B Sorong. Sedangkan 1 tersangka narkotika jenis Ganja berinsial S berjenis kelamin perempuan.

“ Pada kasus ini pelaku disangkakan dengan pasal 114 ayat 1 sub pasal 11 ayat 1 dan Pasal 112 ayat 1 dengan ancaman pidana seumur hidup atau penjara paling lama 5 tahun dan paling cepat 2 tahun,”pungkasnya.(juh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed