oleh

4.229 Pelajar di Maybrat Terima Bantuan Studi

-Metro-136 views

SORONG- Jumlah pelajar penerima manfaat (bantuan studi) Program Indonesia Pintar (PIP) di Kabupaten Maybrat tahun 2020 sebanyak 4.229 pelajar. Jumlah ini adalah yang terbanyak di Provinsi Papua Barat. Secara terperinci dilaporkan bahwa untuk kategori A (SD) sebesar  3.054 pelajar. Kategiri B atau setara SMP adalah 955 orang pelajar, menempati urutan ketiga setelah Kota Sorong dan Sorong Selatan. Selanjutnya Penerima PIP untuk tingkat SMA 114 pelajar dan SMK 76 siswa penerima. Demikian disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Maybrat, Korneles Kambu,S.Sos, M.Si (26/7).

Melalui sambungan telepon seluler, Kadis Pendidikan Kabupaten Maybrat menjelaskan, siswa penerima PIP merupakan program Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pendidikan yang telah diusulkan oleh Anggota Komisi X DPR RI Dapil Papua Barat, Rico Sia. “Khusus tingkat Sekolah Dasar, Kami Kabupaten Maybrat yang terbanyak mendapat PIP, SMP Kami terbanyak ketiga, setelah Kota sorong dan Sorong Selatan,” ucap Mantan Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sorong itu sembari menjelaskan bahwa bantuan biaya studi kepada siswa-SD, SMP, SMA dan SMK tidak datang begitu saja tetapi ada upaya sinergisitas dan proraktif pemerintah daerah secara kolektif melalui kami OPD teknis untuk Data Pokok Pendidikan (Dapodik) kepada anggota Komisi X Dapil Papua Barat, Rico Sia, sehingga Kabupaten Maybrat di tahun ini menerima PIP.

Teknis penyaluran nanti, lanjut Korneles Kambu, siswa penerima manfaat wajib memiliki nomor  rekening pribadi, sehingga  langsung ditransfer dari Pemerintah Pusat langsung ke rekening pribadi. Dari data yang diperolehnya dan berlaku untuk sekolah dasar atau Madrasah Ibtidaiyah sebesar Rp 250 ribu per semester atau Rp 450 ribu per tahun, setingkat SMP Rp 375 ribu per semester atau Rp 750 ribu per tahun, setingkat SMA-SMK, Rp 500 ribu atau 1 juta per tahun. “ Sesuai Kalender penyaluran anggaran PIP  rencananya akan ditransfer pada tanggal 1-5 Agustus mendatang langsung ke rekening pribadi masing – masing siswa” ucap Kornels Kambu.

Selaku pejabat teknis, ucap Mantan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Kabupaten Mabrat itu, pihaknya menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Pusat dan khusus Anggota DPR RI Komisi X Dapil Papua Barat dan juga Anggota DPRD Provinsi Papua Barat, Fraksi Partai Nasdem, Esterlyta Sagrim yang telah bersinergi baik dengan Pemerintah Daerah sehingga mendorong peningkatan mutu pendidikan di Kabupaten Maybrat. “Jujur saja kalau tidak ada sinergisitas yang baik dengan wakil rakyat kita baik di DPR Provinsi maupun DPR RI, prosentase pemerima manfaat PIP khusus di Kabupaten Maybrat tidak seperti ini, pasti jauh dibawah harapan seperti halnya kabupaten-kota yang lain” tandasnya Kepada Radar Sorong. (ris)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed