oleh

375 Panwascam akan Direkrut

-Metro-320 views

SORONG– Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Papua Barat menargetkan perekrutan Panitia Pengawas Kecematan (Panwascam) sebanyak 375 orang. Panwascam akan disebar di 125 distrik di 9 daerah di Provinsi Papua Barat. Proses perekrutan Panwascam ini telah berlangsung dan akan ditugaskan pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020 nanti.

Koordinator Divisi Hukum, Data dan Informasi Bawaslu Papua Barat Muhammad Nazil Hilmi menjelaskan, perekrutan Panwascam dilakukan disejumlah wilayah Papua Barat yang akan melaksanakan Pilkada pada 2020 mendatang. Perektrutan Panwascam tahun 2020 akan lebih ketat dari beberapa tahun lalu.

“Kami nantinya akan merekrut Panwascam yang berintegritas, profesional dengan upgrade latar belakang pendidikannya juga akan diperhatikan,” jelasnya kepada wartawan usai melaksanakan sosialisasi aturan pengawasan  Pilkada Bawaslu Kabupaten dan Kota se Provinsi Papua Barat di The Belagri Hotel Sorong, Sabtu (29/11). 

Dikatakan Nazil, Panwascam yang akan direkrut dapat membawa suasana damai dalam pelaksanaan Pilkada, sehingga Pilkada tahun 2020 dapat berlangsung dengan baik dan damai. Untuk tugas Panwascam, sambung Nazil, yaitu melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan Pilkada di wilayah distrik masing-masing dan mengawasi 12 tahapan Pilkada.

“Dalam perekrutan Panwascam, kami akan menerapkan sistem computer assisted test (CAT) dalam tes tertulisnya nanti,”ungkapnya.

Bawaslu Papua Barat akan menekankan kesungguhan Panwascam dalam melaksanakan tugasnya di lapangan. Sebab Panwascam akan bekerja penuh waktu, sehingga harus siap dalam situasi apapun dan dapat menjalankan perintah dari Bawaslu Papua Barat. 

“Untuk Pilkada 2020 ini, dibutuhkan pengawas yang jujur, berintegritas dan berkualitas. Selain itu, Panwascam juga harus jauh dari kolaborasi dengan para kandidat yang ingin mencalonkan, yang paling penting adalah tingkat pendidikan yang sedikit upgrade,” tuturnya, seraya menambahkan, pihaknya akan melakukan seleksi yang sangat selektif dalam penetuan Panwascam, agar terhindar dari kata Panwascam titipan.

Apabila masyarakat mengetahui adanya Panwascam titipan, tambah Nazil, masyarakat berhak untuk melaporkan dan akan diproses. “Bahkan jika ada Panwascam yang tidak menjalankan tugasnya dengan baik, masyarakat bisa lapor dan kami pastikan langsung mencopotnya,”pungkasnya. (juh) 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed