oleh

364 Warga Sorong Raya Akhirnya Pulang

-Metro-519 views

SORONG– Ratusan warga Sorong Raya akhirnya tiba di Pelabuhan Kota Sorong dengan menggunakan KM. Dobonsolo dari Kota Jayapura, Papua, sekitar pukul 07.00 WIT, Kamis (18/6). Kedatangan ratusan warga Sorong Raya, disambut langsung Wali Kota Sorong, Drs. Ec Lambert Jitmau, MM saat turun di Pelabuhan Sorong.

Sementara itu, tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Sorong juga berada di Pelabuhan untuk melakukan pemeriksaan rutin kesehatan dan kelengkapan dokumen ratusan warga tersebut.

Wali Kota Sorong, Drs. Ec Lambert Jitmau, MM menjelaskan bahwa, sekitar 364 penumpang yang datang menggunakan KM Dobonsolo tersebut berasal dari wilayah Sorong Raya bahkan dari Kabupaten Fakfak dan ratusan warga tersebut sudah melengkapi berbagai dokumen kesehatan dari Jayapura.

“Mereka sudah naik kapal datang, jadi, pasti mereka sudah melakukan persyaratan kesehatan di Jayapura,”jelasnya kepada wartawan, kemarin.

Kedatangan ratusan warga Sorong Raya, atas koordinasi antara Pemerintah Provinsi Papua dan Pelni dalam upaya memulangkan warga yang tertahan selama kurang lebih tiga bulan di Jayapura akibat dari pembatasan wilayah yang dilakukan.

“Yang datang ini, paling banyak orang dari Kabupaten Maybrat dan ada juga mahasiswa dari suku Moi sekitar 30 orang,”ujarnya.

Saat ini dirinya memberikan kelonggaran terhadap para penumpang yang datang dan turun di Kota Sorong tapi tidak ada tim Satgas dari kabupaten-kabupaten di Sorong Raya yang datang untuk melakukan pengecekan terhadap warganya masing-masing.

“Saya masih memberikan kelonggaran saat ini, dan silahkan jalan ke daerah masing-masing. Tapi mulai tanggal 22 Juni 2020 nanti di Bandara Deo Sorong, Satgas Kesehatan dari masing-masing kabupaten harus ada. Kalau tidak ada, penumpang yang turun akan saya lihat dan saya kirim kembali, kalau tidak ada Satgas mereka di Bandara DEO,”tegasnya seraya menambahkan bahwa ia akan membuktikan perkataannya tersebut.(juh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed