oleh

31 Pejabat Pemkot Diklatpim III

-Metro-83 views

Wali Kota Sorong, Drs. Ec Lambert Jitmau, melepas 31 peserta Diklat Kepemimpinan (Diklatpim) Tingkat III ke Kota Makassar yang direncanakan akan berangkat pada hari Senin 7 September 2020 (hari ini). Diklatpim III ini adalah Diklat yang diselenggarakan untuk meningkatkan kompetensi dan kemampuan para ASN untuk memenuhi suatu persyaratan hingga ke jenjang yang lebih tinggi dari sebelumnya.

Wali Kota Sorong, Drs. Ec Lambert Jitmau, MM mengungkapkan, Diklat ini merupakan pendidikan penjenjangan yang harus dimiliki oleh setiap Aparatur Sipil Negara dari Diklat ke Diklat hingga jenjang tertinggi, dimana harus melewati suatu persyaratan mutlak yang dipenuhi agar dipromosikan  untuk menduduki satu jabatan atau eselon tertentu, seperti eselon II  atau esalon III.

Dicontohkan wali kota, misalkan untuk menjadi Sekda di pemerintahan, harus mengikuti Diklatpim II,  sebaliknya, jika tidak memiliki Diklatpim II maka tidak bisa menduduki kursi Sekda. Para peserta melakukan kegiatan di tengah-tengah situasi menegangkan karena masih dalam penyebaran Covid-19 sehingga wali kota juga bertanya terkait keyakinan peserta untuk mengikuti Diklatpim III, dan mereka pun yakin sebab panitia di Makassar dapat memberikan jaminan.

“Pada intinya, kembali kepada peserta agar berangkat dari sini dalam keadaan sehat, pendidikan pun sehat dan pulang pun sehat. Harus bekali diri agar dapat mengembangkan tugas nantinya di tempat tugas sesuai bekal yang diperoleh selama Diklat,”ungkapnya.

Salah satu peserta, Milan Latumeten mengungkapkan tujuan kegiatan Diklatpim III adalah untuk mempersiapkan para pejabat menjadi pemimpin serta peningkatan kompetensi. Di Makassar, para peserta akan mendapatkan ilmu yang berkaitan dengan pekerjaan di dunia pemerintahan. Karena Diklat ini akan menciptakan para peserta yang lebih mantap dalam kesiapan untuk menjadi pemimpin.

“Mungkin kalau jabatan naik ke Esalon II, maka  sudah dipersiapkan dengan ilmu kepemimpinan, karena yang ikut Diklatpim 3 ini para pejabat Esalon III dan IV,”terangnya

Pertama, para peserta akan mengikuti diklat selama 1 bulan di Makassar, kemudian kembali ke Kota Sorong dua bulan dan setelah itu kembali lagi ke Makassar.”Kurang lebih kita akan mengikuti Diklat selama 3 bulan,”pungkasnya.(Juh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed