oleh

30 Relawan Demokrasi R4 Dikukuhkan

-Metro-48 views

Setelah melalui proses seleksi administrasi secara ketat, Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Raja Ampat (R4) mengukuhkan Relawan Demokrasi (Relasi) untuk Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Raja Ampat Tahun 2020 di Aula Lantai I Kantor KPU Rabu (30/09). Setelah pengukuhan, KPU juga membekali petugas Relasi dengan Bimbingan Teknis (Bimtek) kepemiluan.

Pengukuhan 30 Relawan Demokrasi berdasarkan surat keputusan KPU Raja Ampat, Nomor 59/HK.03.1-Kpt/9205/KPU Kab/IX/2020, tentang Penetapan Relasi pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Raja Ampat Tahun 2020. Dikukuhkan langsung oleh, Ketua KPU Raja Ampat, Steven Eibe, S.STP, didampingi, dua Anggota Komisioner yakni, Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, Arsyad Sehwaky, S.IP, Divisi Data dan Informasi, Laily Lehgawa, SE beserta staf sekretariat KPU.

Ketua KPUD Raja Ampat, Steven Eibe, dalam arahannya mengatakan, pengukuhan 30 petugas Relawan Demokrasi ini setelah melalui proses perekrutan dan seleksi administrasi beberapa waktu lalu. Selain pengukuhan, mereka juga dibekali dengan Bimtek kepemiluan. Bertujuan agar mereka bisa mengetahui tugas pokok dan fungsinya di Pilkada 2020 ini.

“Relawan demokrasi, atau sering disingkat Relasi bertugas menjalankan tugas – tugas melalui sosialisasi di tengah-tengah masyarakat bertujuan sebagai perpanjangan tangan KPU, untuk meningkatkan partisipasi pemilih sesuai dengan target serta bisa dapat mendongkrak partisipasi pemilih pada pilkada 9 Desember 2020 mendatang,”jelasnya.

Dia menuturkan, kondisi bangsa saat ini dilanda Pandemi Covid-19 sehingga proses tahapan Pilkada terhenti kurang lebih 3 bulan baru tahapan dilanjutkan kembali, melalui satu keputusan bersama yang dilakukan oleh pemerintah dalam hal ini Kementerian Dalam Negeri dan Komisi II DPR RI yang diputuskan bahwa, tahapan Pilkada dilanjutkan pada 9 Desember 2020 serentak sebanyak 270 daerah di Indonesia yang melaksanakan Pilkada termasuk kabupaten Raja Ampat.

“Kami optimis bahwa dalam pelaksanaan Pilkada ini sangat membutuhkan peran penting dari Relasi. Dimana, akan bekerja dan melaksanakan tugas-tugas mereka, menyusuri seluruh basis masyarakat diantaranya, basis mahasiswa dan basis perempuan maupun basis lainnya, yang berada di sekitar kita. Secara khusus Relasi membantu meningkatkan partisipasi pemilih. Dalam pelaksanaan Pilkada di tengah-tengah Pandemi Covid-19 inipun, mari tunjukkan bahwa, Pilkada tanggal 9 Desember 2020 partisipasi pemilih bisa mencapai 80 persen atapun 90 persen,”cetusnya. (hjw)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed