oleh

30 Penyuluh Pertanian ikut Diklat

-Metro-642 views

AIMAS– Pembangunan sektor pertanian di Kabupaten Sorong yang cukup besar pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2017-2022, Pemerintah Kabupaten Sorong menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) kepada 30 peserta tenaga penyuluh pertanian di Kantor Dinas Pertanian Kabupaten Sorong, Selasa (15/10) berlangsung selama 21 hari. 

Bupati Sorong, Dr. Johny Kamuru.S.H.,M.Si saat membuka Diklat menyampaikan, pertanian di Kabupaten Sorong sendiri masuk dalam RPJMD Kabupaten Sorong tahun 2017-2022, dimana pertanian sangat mendukung dalam penyiapan pangan bagi masyarakat.

“Sektor pertanian sangat berkontribusi besar dalam menyediakan pangan bagi masyarakat, sesuai dengan visi bupati yakni menyiapkan pangan bagi masyarakat secara berkelanjutan,” terangnya. 

Untuk mendukung hal tersebut, perlu adanya penyuluh pertanian professional yang menjadi ujung tombak, dimana penyuluh perlu memiliki beberapa criteria, salah satunya ilmu akademik diklat yang berkualitas. 

Sementara itu, Kepala Balai Besar Pelatihan (BBPP) Batangkaluku Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan mewakili Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementerian Pertanian RI, M. Issac Maulana menjelaskan, BBPP Batangkaluku bertugas dan bertanggung jawab untuk mengembangkan SDM pertanian khususnya panyuluh, mengingat Diklat ini merupakan bagian dari penilaian kenaikan pangkat, sehingga Diklat akan membantu penyuluh yang ada di Kabupaten Sorong.

Untuk kondisi pertanian di Kabupaten Sorong, tergantung dengan mutu penyuluh yang berperan penting dalam peningkatan kualitas pertanian di Kabupaten Sorong. “Keberadaan penyuluh pada bidang pertanian ini sangat penting, baik buruknya pertanian di daerah, salah satunya dari penyuluh,” tuturnya. 

Ia menambahkan, peserta Diklat berjumlah 30 orang yang seluruhnya merupakan penyuluh baik dari Kabupaten maupun Kota Sorong. Diharapkan penyuluh dapat meningkatkan profesionalitas, mutu dan kompetensi yang dimiliki.(nam)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed