oleh

3 OPD Terima Tukin Sebagai Acuan

-Sorong Raya-669 views

KAIMANA –Tunjangan Kinerja (Tukin), untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Kaimana, belum terealisasi pembayarannya hingga saat ini. Pembayaran Tukin ini sendiri sebelumnya telah dijadwalkan oleh Pemda Kaimana pada bulan Juli 2019 lalu. 

Namun indikator sebagai acuan untuk pembayaran tukin yang menjadi permintaan Bupati Kaimana belum bisa disiapkan oleh OPD terkait. Oleh karena itu Pemda Kaimana, untuk jadikan tolak ukur saat ini hanya memberikan Tukin kepada tiga (3) Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Tiga OPD dimaksud yakni, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Inspektorat dan Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD). Dan pembayaran tukin, akan diberikan kepada OPD lainnya, setelah indikator atau acuan yang diminta oleh Kepala daerah bisa disiapkan oleh OPD terkait. 

“Sebagai langkah awal kami mengambil keputusan pembayaran tukin hanya untuk tiga OPD. Kenapa tiga OPD, karena dari OPD yang kami berikan ini kerjanya sedikit over atau lebih dari yang lain. Dan hasil evaluasi tiga OPD ini akan kita pakai sebagai acuan, dan sudah kita terapkan sejak tahun 2018 lalu,”Jelas Sekda Kaimana, Rita Teurupun, S. Sos kepada wartawan di ruang kerjanya, Selasa (13/8). 

Dikatakan, tiga OPD yang telah menerima Tukin tidak lagi menerima uang makan dan uang zona. Bahkan bukan hanya uang makan dan uang zona saja yang tidak diterima, akan tetapi honor kegiatan dari ketiga OPD tersebut juga ikut dipangkas oleh pemerintah daerah. 

“Mereka tidak lagi dapat uang makan serta uang zona, bahkan mereka punya honor kegiatan di OPD juga dihilangkan,”ujarnya. 

Dalam keterangannya, mantan Kepala Distrik Kaimana ini juga mengatakan. Kedepan jika, tukin sudah terealisasi dengan baik secara otomatis uang makan dan uang zona per OPD tidak lagi diberlakukan atau dibayarkan. Sehingga pihaknya masih menunggu, kedatangan Bupati untuk membahas lebih lanjut terkait dengan indikator penerima tukin. 

“Setelah bapa (Bupati,red) datang kami akan bahas lagi, dan kita akan lihat lagi seperti apa indikator penerima tukin ini. Dan kedepan jika pembayaran tukin sudah berjalan baik, maka tunjangan lainnya seperti zona dan uang makan akan dihilangkan,” katanya. (fat) 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed