oleh

3 Cawabup Maybat Didaftarkan ke Pansus

SORONG – Empat partai koalisi pengusung Sagrim-Kocu (SAKO) saat pilkada 2017 lalu, yang berhak mengajukan nama calon Wakil Bupati Maybrat pengganti antar waktu mengisi kekosongan jabatan Wabup Maybrat sepeninggal (Alm) Paskalis Kocu, telah mendaftarkan jagonya masing-masing ke Pansus Pemilihan Wakil Bupati Maybrat Sisa Masa Jabatan 2017-2022. Ketiga nama yang diajukan ke Pansus DPRD Maybrat untuk selanjutnya diverifikasi kelengkapan berkas administrasinya, yakni Leonardus Kore, Markus Jitmau dan Sarteis Wanane.

Pertama, Partai NasDem yang yang dipimpin Ketua DPC NasDem Kabupaten Maybrat, Agustinus Tenau,S.Sos,MSi didampingi pengurus lainnya, mendaftarkan kadernya Leonardo Kore,S.Hut kepada Pansus Pemilihan Wakil Bupati Maybrat di Kantor DPRD Kabupaten Maybrat, Jumat (5/3). Seperti diketahui, dalam bursa pencalonan Wakil Bupati, NasDem mengusulkan dua nama ke DPP, dan akhirnya DPP NasDem memutuskan merekomendasikan Leonardus Kore untuk maju sebagai calon Wakil Bupati Maybrat.

Pada Sabtu (6/3) siang, giliran PDIP yang dipimpin Ketua DPC PDIP Kabupaten Maybrat, Septinus E. Naa,SH didampingi kader PDIP lainnya, mendaftarkan jagoannya, Markus Jitmau,S.Sos dalam bursa pencalonan Wakil Bupati Maybrat.  Markus Jitmau mendapatkan rekomendasi untuk maju dalam bursa pencalonan Wakil Bupati Maybrat, setelah ‘mengalahkan’ dua saingannya, Hanok Jitmau,SE yang kesehariannya menjabat Sekertaris DPC-PDIP Maybrat dan Sarteis Wanane,SE yang kesehariannya menjabat pelaksana tugas Sekertaris DPD II Partai Golkar Kabupaten Maybrat.  

Di hari yang sama, keluarga besar Partai Golkar mengantarkan kandidatnya Sarteis Wanane,SE yang mendapatkan rekomendasi dari DPP Partai Golkar, mendaftar ke Pansus DPRD Maybrat. Golkar tidak datang sendiri, karena turut didampingi pengurus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang juga merekomendasikan Sarteis Wanane sebagai calon dalam bursa pencalonan Wakil Bupati Maybrat. 

Ketua DPRD Maybrat, Ferdinando Solossa,SE yang fikonfirmasi Radar Sorong terkait  proses pentaftaran Cawabup Maybrat, membenarkan bahwa empat partai koalisi telah mendaftarkan calonnya dan diterima baik oleh Ketua Pansus, Thomas Aitrem dan kawan-kawan.  “Sebagai pimpinan dewan, kami melihat bahwa semua proses telah berjalan dengan baik. Hanya saja kami belum disampaikan laporan oleh pansus terkait syarat dan ketentuan apakah sudah terpenuni atau belum,” kata Nando Solossa.

Dikatakannya, dalam beberapa kesempatan pertemuan dengan pansus, pihaknya selalu menekankan agar pansus harus berkerja, berpedoman pada ketentuan aturan yang berlaku. “Supaya jangan di kemudian hari menimbulkan hal-hal yang tidak kita inginkan,” tandasnya. (ris)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed