oleh

22 Rancangan Peraturan Daerah Disetujui

-Metro-843 views

SORONG-Dalam keputusan hasil Rapat pleno VI DPRD Kota Sorong menyetujui 22 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda).  11 Raperda usulan Pemerintah Kota Sorong, sedangkan 11 Ranperda berasal dari inisiasif DPRD Kota Sorong.

Persetujuan 22 Raperda ini dibacakan dalam kegiatan penutupan Rapat Pleno VI DPRD Kota Sorong tentang masa Sidang 2019 dan penyerahan keputusan DPRD Kota Sorong tentang Persetujuan terhadap Raperda Pemerintah Kota Sorong tahun 2019. Berlangsung  di ruang rapat utama DPRD Kota Sorong, Jumat (9/8).

Wakil Ketua 1 DPRD Kota Sorong, Selestinus Paundanan, SE mengatakan diantara 22 Raperda yang telah disetujui ada sekitar 2 Ranperda yang dianggapnya sangat urgen yakni rancangan peraturan Daerah terkait Retribusi. Diiketahui bahwa Kota Sorong merupakan kota jasa, namun Pendapatan Asli Daerah (PAD)nya kurang signifikan.

“Kemudian yang kedua adalah terkait dengan Bandara yang nantinya kami akan meminta agar Pemerintah Kota Sorong melakukan semacam MoU dengan pihak Bandara agar retribusinya di kelola pemerintah. Karena selama ini ada pihak ketiga yang mengelola retribusi tersebut,”jelasnya kepada wartawan.

Lanjutnya, sedangkan ada salah satu Raperda yang memang masih ditangguhkan yakni yang berkaitan dengan Suku Malamoi dimana saat ini Ranperda tersebut tidak di tolak tetapi masih berjalan di provinsi dan Pemerintah Provinsi  masih melihat drafnya.

“Kami DPR apresiasi dan kami telah melakukan upaya sampai dengan  Pemerintah provinsi. Kami masih menungguh hasilnya,”tuturnya.

 Sementara itu, Wali Kota Sorong Drs Ec Lambert Jitmau, MM mengatakan, disetujuinya sejumlah Rapaerda, hal ini juga dari bentuk adanya respon positif dewan terhadap Raperda yan telah dibahas dan menyetujui menjadi Perda, hal ini menunjukkan adanya kerja sama yang baik antara legislatif dan eksekutif. 

“Saya berharap  Perda yang disetujui dapat  segera ditetapkan dan disosialisasikan serta dilaksanakan dalam menunjang pelaksanaan pembangunan di Kota Sorong,”harapnya. (juh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed