oleh

2021, Bayar Tiket Pelni Secara Cashless

-Metro-199 views

SORONG-Guna memudahkan masyarakat atau calon penumpang untuk memesan dan membeli tiket kapal, PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero), PT Pelni Cabang Sorong mulai tahun depan 2021 akan menerapkan system pembayaran tiket secara non tunai atau cashless.

Seluruh calon penumpang dianjurkan untuk menggunakan metode pembayaran secara cashless. Penjualan dilakukan sesuai dengan persyaratan sesuai protokol penanganan penumpang Pelni selama masa Covid-19 serta Surat Edaran Gugus Tugas Covid-19 No 4/2020 dan SE Dirjen Hubla No. 21/2020.

Kepala Cabang Pelni Sorong, M Lutfi Israr Sutan, mengatakan, Calon Penumpang dapat melakukan pemesanan atau booking tiket kapal Pelni di manapun dan kapanpun melalui aplikasi melalui smartphone. “Jadi nanti bayarnya di ATM atau E-banking kemudian ada kode booking yang nanti dibawa di loket Pelni. Cashless ini untuk menghindari interaksi langsung yang mencegah antrian lama di loket Pelni nantinya. Kalau di wilayah barat kan sudah jalan, kami di daerah timur masih mensosilisasikan karena perlu waktu untuk bisa terapkan, jadi nanti tahun depan,” katanya.

Lanjutnya, selain tujuan cashless memudahkan calon penumpang dan untuk menghindari terjadinya antrean yang lama di loket Pelni. Cashless juga dapat memanfaatkan travel-travel yang menjual tiket kapal. “Dengan adanya travel bisa membantu kita menjual tiket kapal,” ujarnya.

Dia berharap dengan teknologi yang semakin canggih, masyarakat dapat memanfaatkannya kemudian diterapkan dalam aktivitas salah satunya pada pembayaran tiket kapal Pelni. Namun tidak semua masyarakat memiliki smartphone android sehingga perlu disosilisasikan. “Dengan era teknologi yang ada ini, kita terus sosialisasikan. Karena tidak semua masyarakat memiliki ATM dan Hp android,” katanya.

Salah satu penumpang, Dony yang hendak berangkat mengatakan belum mengetahui system pembayaran tiket secara non tunai atau cashless. Tetapi jika memang ada, maka menjadi terobosan baru. “Saya kurang tau soal itu. Tapi kalau memang mau diterapkan bagus kan inovasi. Jadi tidak repot-repot bawa uang ke loket antri lama. Kalau lewat online sudah bisa bayar, nanti bawa kode booking di loket. Sama dengan mau naik pesawat bisa beli tiket lewat aplikasi toh, hanya kasih lihat kode booking di loket Bandara,”tuturnya. (zia)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed