oleh

APG Permudah Pemahaman Minat dan Bakat Siswa

-Nasional-138 views

JAKARTA- Peran bimbingan konseling (BK) dalam dunia pendidikan tidak bisa dipandang sebelah mata. Berbeda dengan guru mata pelajaran yang kerap menjadi pusat dalam proses belajar mengajar di kelas, guru BK lebih berperan sebagai pendukung keberhasilan proses belajar siswa. Guru BK mendampingi siswa belajar untuk mencapai kecerdasan dan kedewasaan. 

 Dalam pengaplikasiannya, guru BK memberikan layanan bimbingan dan konseling yang penting bagi para siswa saat menemui kendala dalam proses belajar. Untuk itu, idealnya seorang guru BK harus mampu memahami dengan baik pribadi, karakter, kekurangan, serta kelebihan dari para siswanya.

 PT Aku Pintar Indonesia, melalui aplikasi Aku Pintar Guru (APG) menjawab kebutuhan para guru, salah satunya guru BK. APG merupakan aplikasi bagi guru (pengajar) yang mempermudah proses pembelajaran dalam memahami kebutuhan masing-masing siswa berdasarkan hasil tes Minat dan Bakat dari fitur Minat Pintar di aplikasi Aku Pintar bagi siswa. 

 Aku Pintar menggandeng Forum Rumah Guru BK (RGBK) memperkenalkan Program Guru BK Pintar yang diawali dengan Pelatihan Pemanfaatan APG untuk Guru BK se-Indonesia di Juli 2020. RGBK merupakan sebuah media komunikasi para guru BK dan pemerhati pendidikan terhadap permasalahan pendidikan secara umum dan aspek tumbuh kembang anak pada khususnya.  

 Selain itu, beberapa materi dalam pelatihan ini meliputi Konsep Assesment Bakat Minat dalam Layanan BK, Metode Analisa Bakat Minat DISC, RIASEC, dan Multiple Intelligence yang merupakan metode analisa yang digunakan di Aku Pintar, Penggunaan Aplikasi Aku Pintar bagi siswa dan APG, Simulasi Penggunaan dan Simulasi/Praktik Lapangan Penggunaan Aplikasi APG. 

 “Program kerja sama Pelatihan Pemanfaatan APG untuk Guru BK ini disambut positif oleh para guru BK. Harapannya, bersama RGBK, Aku Pintar pun konsisten memberdayakan peran guru BK sebagai sumber referensi penentuan minat bakat siswa dan mampu membantu siswa dalam mencapai karirnya”, ujar Ana Susanti, Founder RGBK di Jakarta pada Jumat, 24 Juli 2020.

 Kehadiran Aku Pintar Guru juga disambut baik oleh Maria Bernadette Indah Kristiawati Prihatin, Guru BK dari SMP Negeri 1 Nggaha Ori Angu, Kabupaten Sumba Timur, NTT. Maria, mengaku merasa terbantu dengan fitur pada Aplikasi Aku Pintar Guru serta pelatihan via daring yang memudahkannya dalam menggunakan aplikasi Aku Pintar Guru.    

“Aku Pintar sangat bermanfaat bagi guru BK untuk membantu siswa baik dalam mata pelajaran maupun mengenal karakter, bakat minat serta kemampuan siswa. Kelebihan aplikasi ini dibandingkan aplikasi lainnya adalah pada Tes Minat bakat sehingga siswa dapat mengetahui kepribadian, bakat, minat dan kemampuannya sendiri agar tidak salah jurusan dalam melanjutkan studinya. Selain itu, ada juga pilihan kampus dan sekolah yang sangat membantu siswa”, ujarnya. (**/ros)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed