oleh

Cegah Tidak Netralnya ASN, BKPSDM Keluarkan Aturan

KAIMANA – Guna mencegah terjadinya, ketidak netralan Aparatur Sipil Negara (ASN) pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati, 9 Desember 2020 mendatang.
Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Kaimana, akan mengeluarkan aturan untuk ASN di Kaimana.
Aturan ini dikeluarkan berdasarkan hasil rapat secara virtual, pada 30 Juni lalu. Antara Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), BKN dan Bawaslu seluruh Indonesia.
“Ada beberapa aturan yang akan kami keluarkan, guna menjaga ASN tetap Netral selama Pilkada. Hal ini sesuai hasil rapat dengan KASN, BKN dan Bawaslu RI, yang diikuti oleh seluruh kabupaten/kota,” jelas Kepala BPKSDM Kaimana Donald Wakum, kepada Wartawan di Kaimana, Jumat (10/7).
Dikatakan Wakum, aturan yang telah disiapkan akan diedarkan ke setiap OPD untuk diketahui. Sehingga baik ASN maupun masyarakat untuk mengawasinya. Salah satu aturan yang telah disiapkan yakni, ASN tidak boleh menggunakan atribut, dari salah satu pasangan calon ataupun calon daripada pasangan calon Kepala Daerah.
“ASN juga tidak boleh mengajak, mengintimidasi seseorang ataupun pihak tertentu untuk mendukung salah satu calon. Selain itu dalam aturan juga dijelaskan, jika ASN dilarang untuk mendampingi bakal calon saat melaksanakan pendaftaran baik di partai Politik maupun saat pendaftaran di KPUD,” kata Wakum.
Dalam keterangannya juga Wakum menegaskan, jika ASN dilarang untuk mempromosoikan orang tertentu, ataupun calon kepala daerah di dalam tahapan pemilihan kepala daerah. Serta menurutnya ASN juga dilarang, untuk mendukug calon ataupun bakal calon.
“Kami berharap masyarakat, untuk turut mengawasi dan melaporkan jika ada ASN yang terlibat langsung dalam politik Praktis. Namun harus di sertai dengan bukti dokumentasinya,” ujar Wakum. (fat)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed