oleh

Webinar Investasi Emas Sukses, Capai Angka 3,5 Kg Emas

-Ekonomi-80 views

SORONG – Seminar investasi emas yang dilakukan Pegadaian Area Sorong secara virtual, Selasa (30/6) terbilang sukses. Peserta seminar bukan hanya dari daerah Papua Barat saja, beberapa diantaranya bahkan join dari negara tetangga di Singapura. Vice President Pegadaian Area Sorong, Maryono, S.Sos, MBA mengatakan, pihaknya tidak menyulitkan peserta dari luar negeri yang berminat untuk join dalam seminar ini.
“Kita tidak menyulitkan mereka, bahkan ketika mereka ingin menjadi nasabah dan ikut berinvestasi, bisa saja. Selama yang bersangkutan memiliki KTP Indonesia dan sebelumnya sudah pernah bertransaksi di Pegadaian maka proses top up saldo bisa dilakukan dari mana saja. Tetapi untuk buka baru memang harus dari outlet di Indonesia,”terangnya saat ditemui usai webinar.
Dalam seminar kali ini, peserta lebih condong berinvestasi emas dalam bentuk logam mulia dengan simulasi arisan. ­Total sampai seminar virtual berakhir, peserta sudah komitmen berinvestasi sampai angka 3,5 Kg emas. Namun Maryono merasa ini masih kurang optimal karena dari 608 peserta yang mendaftar hanya 304 saja yang ­berhasil join. Beberapa daerah gagal join karena terkendala ­jaringan internet. Sehingga di prospek yang akan datang pihaknya harus optimis mencapai lebih dari itu.
Maryono lebih lanjut menjelaskan, ada empat hal yang jadi keuntungan dari investasi emas yakni emas bersifat anti inflasi sebab memiliki nilai lindung terhadap inflasi. Kemudian yang ke-2, harga emas selalu naik dari waktu ke waktu.
“Bahkan ketika seminar tahun lalu peserta membeli emas dengan harga Rp 650.000 per gram, sekarang peserta membeli dengan harga Rp 900.000 per gram. Jadi dalam setahun kenaikan sudah sekitar Rp 250.000. Tetapi memang secara rata-rata terakhir ini kenaikan harga emas berkisar di angka 23,5% per tahun,” jelasnya.
Selanjutnya yang ke-3, emas ini bersifat likuid sehingga mudah diperjualbelikan dan diterima di ­mana saja.
“Apalagi kalau emasnya dalam bentuk tabungan emas Pegadaian, itu sifatnya benar-benar se-likuid tabungan uang kas bahkan dapat ditransaksikan 1×24 jam,” kata dia.
Kemudian yang terakhir adalah, emas mudah dipindahtangankan. Ini berlaku baik secara fisik maupun dalam bentuk tabungan emas.
“Kalau ingin berinvestasi ada hal yang harus diperhatikan yakni, risiko, keuntungan dan likuiditas. Kita mengenal dua aturan, high risk high ritten low risk low ritten. Don’t put your egg on one box. Jangan menaruh telur dalam satu keranjang, artinya ketika ingin berinvestasi harus dibuat secara portofolio. Bisa dalam bentuk tabungan, deposito maupun emas. Sehingga bisa digunakan sesuai dengan rencana pembiayaan, mana untuk konsumsi mana untuk investasi,”tandasnya.
Dengan adanya seminar ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat untuk berinvestasi semakin meningkat.
“Supaya keinginan masyarakat untuk berinvestasi tetap dapat dilayani maka kita adakan seminar secara online. Kita juga berharap kepada nasabah yang sudah benar-benar merasakan manfaat berinvestasi emas dapat menularkan kepada orang lain. Apalagi ketika dilakukan secara online melalui media sosial maka diharapkan penyebaran informasi akan jauh lebih cepat tanpa terhalang kebijakan PSBB,” harapnya.
Dalam kesempatan seminar kali ini Pegadaian menyediakan banyak promo menarik berupa cash back, diskon 10% untuk pembelian logam mulia bahkan diskon administrasi untuk pembukaan tabungan emas. Pegadaian juga menyediakan 1.000 kupon untuk peserta seminar yang melakukan transaksi hingga 7 hari ke depan.
“Reward untuk peserta yang telah join bersama Pegadaian dalam webinar kali ini mendapat kan top up tabungan emas. Bahkan nasabah yang melakukan transaksi terbesar masing-masing akan mendapatkan satu keping logam mulia ­seberat 1 gram,” tutupnya. (ayu)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed