oleh

KPPN Sorong Gencarkan Program UMi

-Ekonomi-80 views

SORONG – Untuk pemulihan ekonomi nasional seperti yang diungkapkan Presiden Joko ­Widodo dalam postingan instagramnya pada Minggu (28/6) lalu, usaha mikro ­usaha menengah, usaha besar, perbankan dan semua yang berkaitan dengan ekonomi baik manufaktur dan industri terutama padat karya harus diberikan stimulus dan prioritas utama.
Dalam video yang diunggahnya, Jokowi meminta agar dana yang disiapkan pemerintah harus segera dibelanjakan demi pemulihan ekonomi tersebut. Oleh karenanya, demi mendukung keinginan presiden tersebut, Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Sorong, Juanda, terus menggenjot memperkenalkan program UMi kepada masyarakat.
“Sebenarnya saya ingin mengenalkan bagi masyarakat Sorong, bahwa ada fasilitas pemeritah untuk usaha ultra mikro dengan pinjaman maksimal 10 juta rupiah. Penyalurannya bukan lewat perbankan. Namun lewat Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB),” ujarnya ­kepada Radar Sorong, Selasa (30/6).
Namun, lanjutnya, sampai saat ini pembiayaan Ultra ­Mikro (UMi) di Papua Barat masih belum banyak peminatnya sehingga realisasi UMi masih rendah. Bahkan kata dia, ada beberapa daerah di Papua Barat yang belum merealisasikan program UMi. Ia beranggapan kemungkinan masyarakat masih belum tahu tentang program UMi itu sendiri.
“Memang program UMi ini masih tergolong baru. Sebab, peluncurannya baru dimulai pada 2017 lalu. Sedangkan program KUR diluncurkan sudah lama pada 2007 silam,” sambungnya.
Dikatakannya, total ­realisasi UMi keseluruhan keseluruhan di Papua Barat baru senilai Rp 535 juta, dengan jumlah penerimanya baru sebanyak 82 debitur. Jika dirata-ratakan setiap debitur menerima sebesar Rp 6,5 ­juta.
“Jumlahnya masih kecil, sehingga melalui pemberitaan di media, bisa menambah daya tarik masyarakat. Serta ­Pemda juga mulai melakukan realisasi program UMi untuk mengembalikan kestabilan ekonomi dari masyarakatnya,”pungkasnya. (ayu)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed