oleh

Hasil Seleksi Calon Mahasiswa Kedokteran Diumumkan

KAIMANA – Universitas Papua (Unipa) fakultas kedokteran Kelas Sorong, Rabu (1/7) akan mengumumkan hasil seleksi ujian masuk 19 calon mahasiswa kedokteran asal Kaimana. Sebelumnya terdaftar di Panitia seleksi, sebanyak 20 orang calon mahasiswa kedokteran asal Kaimana. Namun saat pelaksaan ujian tertulis, yang berlangsung di ruang kelas SMA Negeri 2 Kaimana ini hanya dihadiri 19 orang calon mahasiswa.
“Besok, (hari ini, red) akan diumumkan hasil ujian tertulis. Kemarin yang daftar 20 orang, test tertulis di Kaimana 18 orang dan 1 langsung bergabung di Unipa Kampus Sorong. Dari jumlah 18 orang di Kaimana, 15 orang merupakan anak asli Papua, sisanya lahir besar di Kaimana,” jelas Safar Furuada panitia seleksi calon mahasiswa kedokteran Unipa di Kaimana, Selasa (30/6).
Dikatakan Safar, dalam seleksi penerimaan mahasiswa baru yang menjadi prioritas yakni anak – anak asli Papua maupun asli Kaimana. Karena menurutnya, sumber pendanaan penerimaan berasal dari Otsus Provinsi Papua Barat.
“Dalam suratnya juga dijelaskan akan menjadi prioritas bagi anak – anak asli Papua, karena sumber pendanaanya dari Otsus Provinsi Papua Barat,” katanya.
Dalam keterangannya juga, lelaki yang berprofesi sebagai ASN di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kaimana ini menjelaskan, untuk biaya semester di fakultas kedokteran Unipa kelas Sorong mencapai Rp15 juta per semester.
Sehingga pihaknya akan mengajukan ke Pemda Kaimana, untuk difasilitasi soal biaya semester bagi calon mahasiswa yang dinyatakan lulus seleksi. Meski demikian menurutnya, soal pembiayaan tersebut belum mengikat atau parmanen serta hanya bersifat bantuan. Sehingga bagi orang tua mahasiswa, agar kiranya mengajukan ke Pemda Kaimana.
“Biasanya kalau sudah tes dan lulus, kami akan ajukan ke Pemda Kaimana untuk difasilitasi karena masuk dalam studi langkah. Untuk mereka nantinya, yang dinyatakan lulus akan meminta rekomendasi dari Pemda Kaimana, terkait dengan pembiayaan. Biasanya dibantu oleh Pemda Kaimana,” terangnya.
Jika dinyatakan lulus seleksi ujian tertulis, tahapan seleksi selanjutnya yakni tes wawancara dan ujian fisik bagi calon mahasiswa yang dinyatakan lulus. Terkait dengan, lokasi tes wawancara maupun tes fisik. Menurut Safar saat ini pihaknya, lagi berkoordinasi dengan pihak Unipa.
“Tanggal 12 sampai 15 Juli, tes wawancara dan tes fisik. Lokasinya kami lagi menunggu informasi dari pihak Unipa, terkait dengan teknis pelaksanaanya. Apakah mereka yang kesini atau mereka kirim bahan, nantinya kami yang akan melaksanakan ujian seleksi,” katanya. (fat)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed