oleh

Bandara Sentani Mulai Dibuka

JAYAPURA – Setelah ditutup selama 2 bulan lebih untuk mencegah penyebaran  Covid-19, penerbangan penumpang di Bandara ­Sentani akhirnya mulai beroperasi pada Jumat (12/6). Pengoperasian penerbangan penumpang di Bandara Sentani ini   dibuka dengan kedatangan perdana maskapai Batik Air pada pukul 07.05 WIT dari Jakarta.

 Sementara penerbangan dari Jayapura – Jakarta ­dengan maskapai yang sama  pada pukul 10.45 WIT. Dari ­pantauan Radar Sorong para penumpang dari Jakarta  berbaris rapi  dengan jarak yang sudah ditentukan, begitu turun dari pesawat.

Mereka juga tampak meng­gunakan masker dan diperiksa suhu tubuhnya menggunakan thermal scanner oleh petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Jayapura. Selanjutnya, petugas KKP juga melakukan pengecekan adminstrasi ­seperti hasil pemeriksaan Covid -19 dan lainnya. Salah seorang penumpang, Tita mengakui tak keberatan dengan persyaratan dokumen dan protokol kesehatan yang harus dipenuhi.

 Sementara itu,  General Manajer PT. Angkasa Pura I Bandara Sentani Jayapura Antonius Widyo Praptono menyebutkan, maspakai ­Batik Air yang tiba di Bandara ­Sentani dari Jakarta me­ngangkut 92 penumpang.

 “Sementara penumpang yang berangkat dari Bandara Sentani ke Jakarta hanya 30 penumpang  karena ada 31 penumpang lainnya yang tidak diperbolehkan berangkat menyusul tak memiliki SPKM dari Pemprov Papua,” ujarnya.

 Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Jayapura, Harold Pical menuturkan,seluruh penumpang yang datang dan berangkat di Bandara Sentani diwajibkan ­mengisi Health Alert Card  agar nantinya mudah di pantau.

 “Dari pemeriksaan petugas KKP, para penumpang juga dipastikan bebas dari Covid-19 berdasarkan hasil pemeriksaan rapid test maupun PCR yang dimiliki para penumpang,” terangnya.

 Sementara  itu, Ina salah, satu penumpang, menga­kui  awalnya agak sulit,  karena baru pertama  berangkat dalam situasi Pandemi  dimana  ada miss komunikasi, namun semuanya telah beres. Untuk biaya pemeriksaan di  ke rumah sakit, hanya bayar Rp  300 ribu utnuk rapid test. (al)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed