oleh

Saga Pangkas 18 Karyawan

-Ekonomi-167 views

Syane : PHK Murni karena Pengurangan Karyawan Bukan Karena tidak Bisa Membayar THR

SORONG – Berhembus rumor yang mengatakan CV Saga Retailindo atau yang familiar disebut dengan Saga Supermarket mem-PHK karyawan karena perusahaan tak bisa memenuhi pembayaran THR tak sepenuhnya benar.
Dikonfirmasi Radar Sorong, Jumat (22/5) Manager Saga Supermarket, Syane membenarkan informasi bahwa pihaknya telah mem-PHK Kar­yawan. Namun terkait alasan, dirinya menampik.
“Memang benar kami mem-PHK beberapa karyawan. Tetapi alasannya bukan karena tidak bisa membayarkan THR. Mereka di-PHK murni karena pengurangan karyawan sebagai dampak dari pandemi COVID-19,” ungkapnya via sambungan telepon. Total ada sekitar 18 karya­wan Saga yang di-PHK.
Namun menurut ­Syane, kar­yawan yang di-PHK statusnya adalah karyawan training yang masa kerjanya belum mencapai setahun. Bahkan, keputusan mem-PHK kedelapan belas karywan tersebut sudah dilakukan sejak dua bulan yang lalu.
“Mereka itu kayawan training, kerjanya baru 4-5 bulan. Sejak Dept Store tutup hampir dua bulan kami memang kurangi karyawan karena keadaan tidak memungkinkan untuk tetap mempekerjakan ­mereka.
Mereka di PHK sudah dua bulan yang lalu. Jadi tidak benar kalau ada yang bilang kita PHK karyawan karena tidak bisa bayar THR, sementara THR kan keluarnya baru bulan ini. Tidak ada sangkut pautnya sama sekali antara PHK karyawan dengan ketidak sanggupan membayar THR,” bebernya.
Dikatakan Syane, tidak semua karyawan training di-PHK, saat ini masih ada beberapa karyawan training yang tetap dipekerjakan.
“Sekarang masih ada juga karyawan training, karena ada bagian tertentu yang memang tidak bisa digantikan oleh sembarang orang, misalnya kasir. Artinya kami juga harus melakukan seleksi juga,” kata Syane.
Ditambahkan Syane beberapa karyawan training yang masih dipekerjakan ini bukan baru diterima.
Mereka sudah diterima bekerja di Saga sebelum pandemic COVID-19 dan sudah melalui proses seleksi untuk dipertahankan bekerja di bagian kasir yang menjadi tanggung jawabnya.
Sementara itu, meski diterpa isu miring, Saga Supermarket masih kondusif dan masih tetap memberikan pelayanan terbaiknya untuk pelanggan. (ayu)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed