oleh

Di Raja Ampat, Pembayaran Zakat Mal Meningkat

-Metro-44 views

AIMAS– Hingga Sabtu (23/5) penerimaan Zakat Fitrah di Baznas Kabupaten Raja Ampat dan Unit Penerimaan Zakat (UPZ)  yang tersebar di 8 masjid di Kabupaten Raja Ampat masih berlangsung.

“Masih berlangsung, Insyaallah sampai besok (hari ini,red), beberapa UPZ juga baru merekap data, adapula yang sudah membagikan Zakat Fitrah,” terang Ketua Baznas Kabupaten Raja Ampat, Muh. Habir Pamessangi kepada Radar Sorong via telepon seluler, Jumat (22/5).

Dijelaskan Habir, penerimaan Zakat Fitrah dan Zakat Mal masih dilakukan secara langsung, meski beberapa orang memilih untuk melakukan pembayaran Zakat Fitrah secara online melalui nomor rekening Baznas Kabupaten Raja Ampat. “Kalau pembayaran online bisa dilakukan ke Baznas langsung, karena UPZ belum ada yang memiliki nomor rekening,” terangnya. 

Meski pembayaran Zakat Fitrah masih dilakukan langsung di UPZ, namun Habir memastikan protokol kesehatan yang tetap dijalani. Dimana, sebelum UPZ dibuka untuk pembayaran Zakat,  Baznas telah menyerahkan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) untuk digunakan saat akan membayar Zakat oleh pemgurus UPZ. “Sebelumnya sudah kami lengkapi dengan APD, masker, sarung tangan untuk masing-masing pengurus di UPZ. Kami  juga imbau untuk jaga jarak,” jelasnya.  

Ia menuturkan, kesadaran umat Islam di Raja Ampat dalam membayar Zakat Maal di Tahun 2020 jauh lebih besar jika dibanding tahun lalu. Terbukti pembayaran Zakat Maal sudah hampir mencapai Rp 30 juta yang dilakukan. Sementara tahun lalu hanya dibayar oleh 2 hingga 3 orang dengan jumlah Rp 10 jutaan saja.

“Tahun ini yang bayar Zakat Maal sudah meningkat dibanding tahun lalu, tahun ini memcapai Rp 30 juta lebih, tahun lalu tidak sampai Rp 20 juta,” jelasnya.(nam)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed