oleh

Positif Corona Terbanyak di Kabsor

MANOKWARI – Jumlah kasus positif virus corona di Provinsi Papua Barat terus bertambah. Data yang dikeluarkan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Papua Barat, Kamis (21/5), jumlah kasus positif 109. Kemarin, terjadi penambahan 3 kasus, semuanya dari Kabupaten Sorong.

Dengan penambahan 3 kasus ini, Kabupaten Sorong berada di uruan pertama kasus positif corona sebanyak 32 kasus, diikuti Kota Sorong 30, Teluk Bintuni 22, Raja Ampat 16, Manokwari 7, Manokwari Selatan dan Fakfak masing-masing 1 kasus. 

Sementara itu, jumlah meninggal dunia 13 orang, 9 dari Kota Sorong, 2 Bintuni,  1 Manokwari dan 1 Raja Ampat.  Pasien yang sembuh menjadi 7 orang, terakhir 1 dari Kabupaten Sorong, dan 1 dari Manokwari. “Ini kabar yang mengembirakan, jumlah kasus pasien  yang sembuh juga bertambah,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Papua Barat, dr. Arnold Tiniap kepada wartawan, kemarin.

Arnold mengatakan, penambahan kasus positif sebagai besar dari OTG (Orang Tanpa Gejala). Mereka ini tidak semua harus dirawat di rumah sakit. Seperti  1 positif di Distrik Warmare, Manokwari merasa sehat dan tak perlu dirawat di rumah sakit. Hanya saja, OTG yang positif corona diminta melakukan karantina mandiri, tidak berinteraksi dengan orang lain ataupun keluarga. “Tidak semua kasus positif dirawat di rumah sakit. Rumah sakit hanya diperuntukkan bagi kasus positif yang bergejala atau keluhan, sehingga membutuhkan perawatan atau penanganan  medis tertentu,” jelasnya.

Menurutnya, yang terjadi sekarang OTG bertambah, sehingga masing-masing kabupaten/kota mempersiapkan tempat karantina untuk kasus positif.  Orang yang sehat tetapi positif corona, perlu dikarantina untuk mencegah penularan. Adapun jumlah OTG hingga Kamis (21/5) tercatat sebanyak 1.118 orang. Terjadi penambahan 8 OTG dari Manokwari. Hingga saat ini terdapat 706 OTG masih dalam pemantuan dan 412 selesai pemantauan.

ODP (Orang Dalam Pemantauan) tak ada penambahan, total 936 orang, 115 masih dalam pemantauan dan 821 selesai pemantauan. PDP (Pasien Dalam Pengawasan) tak ada penambahan, total 69 orang, 14 orang masih dalam pengawasan dan 55 orang selesai pengawasan.  Jumlah total yang diperiksa 622 orang, dengan hasil 513 negatif dan 109 positif. Dari 13 kabupaten/kota, tersisa 3 daerah yang belum mengirim sampel untuk diperiksa  metode PCR di laboratorium kesehatan yakni Sorong Selatan, Pegunungan Arak dan Maybrat. (lm)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed