oleh

6 Calon Sekda Maybrat Lolos Seleksi Administrasi

SORONG –  Enam nama dinyatakan lolos tahap penyeleksian administrasi oleh Pantia Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Maybrat yang berlangsung 11 hingga 15 Mei 2020. Enam nama tersebut yakni Albert Nakoh,SPd,MM; Johni Way,S.Hut,MSi; Stevanus Kocu,S.St.Pi,MSi; Viktor F. Salossa,SPd,ST,MT; Yance Ambaho,SE,MSi dan Dr. Yonadab Sraun,S.Hut,SH,MSi.

Penjabat Sekda Kabupaten Maybrat, Ferdinandus Taa,SH,MSi menyampaikan apresiasi kepada Tim Pansel yang sudah bekerja sehingga langkah pertama sudah berjalan dan tersisa tiga tahapan lagi hingga mendapatkan Sekda Definitive. Dirinya bersama Bupati Maybrat akan selalu mendukung Tim Pansel. Yang terpenting, pada tanggal 17 Juni 2020 sudah terpilih Sekda baru yang bisa menata administrasi pemerintahan di Kabupaten Maybrat.

“Masa tugas saya sampai dengan 17 Juni 2020, dan sesuai ketentuan peraturan perundangan harus diganti pejabat definitive. jika tidak di lakukan maka nanti dari provinsi yang akan mengambil alih dan menunjuk Penjabat Sekda karena ini sudah diatur dalam aturan dan kami akan terus kawal,” jelasnya kepada Radar Sorong, Minggu (17/5).

Dikatakannya, seleksi ini merupakan pengalaman pertama bagi Kabupaten Maybrat dalam masa Covid-19, dirinya tetap berterima kasih untuk Tim Pansel sebab tahapan penyeleksian ini dilakukan secara online. “Dan mudah-mudahan setelah Sekda dilantik, akan masuk lagi pada lelang jabatan beberapa OPD di Maybrat dan prosedur administrasi kepegawaian ini harus dilalui agar semua berjalan dengan aturan. Kedepannya, di Maybrat jangan sampai kita hanya memakai kearifan lokal, tapi kalau bisa aturan juga kita kedepankan,” kata Ferdinandus Taa.

Anggota Panitia Seleksi Jabatan Sekda Maybrat, Drs. Jusach E. Hosio,MSi,MTh didampingi Anggota Pansel lainnya, Nasser Ena,SE,MM dan Dr. M. Ridha,MSi mengatakan, Tim Pansel telah melakukan pemeriksaan administrasi para peserta dan hasilnya diumumkan pada Senin 18 Mei 2020. Yang dinyatakan lolos secara otomatis ikut pada tahapan berikutnya yakni penyusunan makalah mulai 18 Mei hingga 27 Mei 2020. “Yang daftar 8 orang tapi yang 2 orang tidak memenuhi persyaratan administrasi sehingga sekarang tersisa 6 orang yang akan ikut ke seleksi selanjutnya untuk mencari 3 orang untuk dikirim ke pusat,” ungkapnya.

Tahap selanjutnya, setelah melakukan pemeriksaan dan terpilih 3 nama dari 6 nama untuk dilaporkan kepada KASN. Mengingat waktu yang terbatas, pihaknya melakukan penyeleksian sesuai dengan tahapan dan ketentuan yang berlaku. Sehingga, ketika masa berlaku Penjabat Sekda telah habis, maka sudah dilantik Sekda baru sehingga tugas adminstrasi di Kabupaten Maybrat tetap dapat berjalan. “Nanti akan ada assessor yang ditunjuk untuk melakukan assesment kepada peserta seleksi. Setelah itu, kami masuk pada wawancara makalah dan hal lainnya. Saya dari tokoh masyarakat dan mantan wakil bupati yang dipilih oleh Bupati sebagai Pansel bersama anggota Pansel yang lain melaksanakan seleksi ini,”ungkapnya.

Plt. Kepala BKPSDM Maybrat, Drs. Bernadus Nauw mengungkapkan, seleksi terbuka yang dilaksanakan secara online ini merupakan sebuah kemajuan bagi Kabupaten Maybrat, dimana Kabupaten Maybrat merupakan satu-satunya daerah di Provinsi Papua maupun Papua Barat yang melaksanakan seleksi secara online di masa Covid-19. “Kita melakukan seleksi Sekertaris Daerah terbuka di masa Covid berdasarkan panduan SE Menpan Nomor 52 Tahun 2020. Tantangan yang kita hadapi ini memang cukup berat dimana pandemic Covid-19 ini kami dibatasi dan pemerintah daerah sangat tegas,” tuturnya.

BKPSDM Maybrat lanjut Bernadus Nauw, sangat kuat dalam membantu pemerintah  untuk secepatnya mendapatkan Sekda devinitif sesuai dengan tugas yang diberikan oleh pemerintah pusat, sehingga penyelenggaraan tugas pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan di Kabupaten Maybrat sudah bisa dipimpin langsung Sekda baru. “Kami banyak kekurangan tapi kami termotivasi karena tugas yang diberikan oleh pimpinan daerah sehingga kami bersama dengan Pansel sudah melakukan conference terbuka dan seluruh Pansel di Manokwari dan Jakarta memberikan perhatian serius untuk kami di Kabupaten Maybrat,” ungkapnya.

Kabid Pengadaan dan Mutasi BKPSDM Maybrat, Ismail,S.IP menambahkan, seleksi administrasi ini merupakan tahapan kedua, dimana tahapan pertama yakni pengumuman seleksi sudah dilaksanakan. Dan seleksi administrasi ini, Pansel sudah menentukan 6 orang yang lolos. “Keenam nama ini terhitung mulai 18 Mei 2020 sudah dapat membuat makalah dan akan dikirimkan secara online ke email kami dan ini akan berjalan sampai batas waktu kemungkinan setelah hari Raya Idul Fitri,” ungkapnya.

Usai Idul Fitri sambung Ismail, Sekretariat Pansel akan membantu Pansel untuk melanjutkan proses selanjutnya yakni assesment oleh assessor kepada keenam peserta dan hasil dari assesment ditambah penilaian makalah akan diserahkan kepada Pansel untuk dilakukan wawancara kepada para peserta secara online. “Hasil dari itu, akan ditentukan tiga nama yang mendapatkan nilai tertinggi dan dikirim ke KASN oleh Bupati Maybrat selaku Pejabat Pembina Kepegawaian. KASN akan menerbitkan rekomendasi 1 orang yang dinyatakan memenuhi syarat sebagai Sekda Kabupaten Maybrat,” jelasnya.

Kabupaten Maybrat baru pertama kali melakukan seleksi terbuka di masa Covid-19 sehingga tentunya ada kendala yang dihadapi, dimana ada pengalihan IT atau teknologi sehingga pihaknya menyesuaikan dan setahunya belum ada daerah lain yang melakukan seleksi terbuka di masa Covid-19 ini selain Kabupaten Maybrat. ”Ini serba baru, dan pertemuan pun secara online dan selanjutnya tes berikutnya pun lewat online, kami berterima kasih kepada Pansel yang luangkan waktu dalam membantu kami, dan Bapak Bupati Maybrat juga memberikan apresiasi terhadap dukungan Pansel terhadap Pemerintah Kabupaten Maybrat. Untuk selanjutnya masih ada sekitar 20 jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Kepala OPD yang akan dilakukan seleksi terbuka, setelah selesainya proses seleksi Sekda ini,” pungkasnya. (juh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed