oleh

Awasi Anggaran, Pemkot Gandeng Kejaksaan

-Metro-125 views

SORONG– Wali Kota Sorong, Drs. Ec Lambert Jitmau MM bersama Kepala Jaksa Negeri Sorong, I Ketut Maha Agung, SH.MH mendatangani MoU kerja sama dalam hal pengawasan, pendampingan tentang pelaksanaan anggaran yang diperuntukan untuk penanganan Covid-19 yang berlangsung di Aula Samu Siret, Senin (11/5).

“Saya bersyukur kami di dampingi pihak berwajib agar apa yang kami lakukan sudah melalui koordinasi antara Pemerintah Daerah, pimpinan OPD terkait dan pihak berwajib dalam hal ini kejaksaan supaya sesuai dengan ketentuan bahkan prosedur yang berlaku,” jelas Wali Kota Sorong kepada wartawan.

Ia mengatakan, sesuai dengan arahan Kejari, Kejari pun mendapatkan surat edaran dari Kejaksaan Agung bahwa kewenangan telah diberikan kepada kepala daerah sehingga tidak ada keraguan untuk kepala daerah dalam melakukan revisi dan dirinya sangat menyetujui hal tersebut. Sebab selama ini, pihaknya belum bekerja, bahkan pimpinan OPD yang terkait dalam penanganan Covid-19 belum mendapatkan pencairan dana. 

“Soal dana Rp 2 miliar kemarin itu hanya untuk operasional tim Satgas, sedangkan OPD terkait itu saya perintahkan mereka lakukan perencanaan dan usulkan kemudian data dari  Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Badan Bencana Alam, Satgas kemudian RSUD Sele be Solu,”ungkapnya.

Saat ini, pihaknya sedang merekap kebutuhan dengan dana sebesar Rp 47 miliar, namun masih dilakukan revisi dan belum final. Sehingga, ketika nanti telah difinalkan maka akan ditetapkan, selanjutnya akan berbicarakan hal tersebut dengan Komisi 3 DPRD Kota Sorong terkait pergeseran anggaran sesuai dengan perintah menteri maupun Instruksi Presiden.

“Kami akan bagi habis dan berarti pimpinan OPD akan bekerja sesuai dengan perencanaan. Pihak terkait mari melakukan pengawasan dan pengawalan agar pimpinan OPD terkait bisa melakukan transaksi sesuai dengan usulan dan anggaran yang didapat kemudian di pertanggungjawabkan,”tandasnya.(juh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed