oleh

Peringati Hari Raya Waisak dengan Berbagi

-Ekonomi-29 views

SORONG – Memperingati Hari Raya Tri Suci Waisak, Yayasan Buddha Jayanti Sorong merayakannya dengan cara berbagi paket sembako di Bandara ­Domine Eduard Osok (DEO), Kamis (7/5).

Penyerahan bantuan secara simbolis oleh Harsono kepada petugas bandara


Kegiatan yang difokuskan di terminal Bandara ini turut disaksikan Kepala Bandara DEO Sorong, Rasburhany. Dalam sambutannya, Rasburhany mengucapkan terimakasih kepada Yayasan Buddha Jayanti yang telah bersedia menyisihkan rejekinya untuk berbagi berkah kepada pekerjanya.
Waisak kali ini bertema membangun kesadaran untuk meningkatkan kepedulian sosial demi keutuhan bangsa. Untuk itu dalam kesempatan hari raya tersebut, Yayasan Buddha Jayanti telah menyalurkan sebanyak 280 paket sembako bagi para pekerja di Bandara DEO yang derdampak Covid-19.

Sambutan apresiasi Kepala Bandara DEO Sorong, Rasburhany Umar


”Perayaan hari raya agama Buddha, kami mulai dari diri sendiri. Mari kita saling peduli terhadap teman-teman saudara kita yang sebangsa,” ungkap Darto Tjoanda selaku ketua panitia.
Pada dasarnya, lanjut Darto, agama Buddha itu menekankan cinta kasih terhadap sesama ­tanpa memandang perbedaan ­apapun.
”Budha itu tidak memandang perbedaan dimana kita wajib mencintai sesama saudara meski ada perbedaan keyakinan, ras, suku dan lainnya,” lanjutnya.
Menurutnya, yang menjadi alasan mengapa bantuan disalurkan bagi pekerja porter dan sopir taxi Bandara ­karena sejak dilakukan pembatasan kegiatan penerbangan di Bandara, maka ­dampak terbesar pasti dirasakan oleh mereka.

Pose bersama panitia kegiatan penyerahan bantuan Yayasan Buddha Jayanti

”Kami melihat bahwa mungkin semua terkena dampak, tetapi dampak terbesar secara langsung mungkin dirasakan oleh petugas porter dan sopir taksi bandara,”tandasnya.
Dikatakannya, sebelum kegiatan berbagi paket sembako hari ini, telah banyak berbagai kegiatan sosial yang dilakukan sebelum puncak perayaan ­Trisuci Waisak. Rangkaian kegiatan tersebut berupa bantuan APD bagi tenaga medis, serta yang masih terus berlangsung yakni memenuhi kebutuhan konsumsi tenaga medis di RS Rujukan Covid-19 di Kota Sorong.
Sementara itu, Sugiarto selaku pembimbing ­masyarakat ­Buddha Kanwil Kemenag Provinsi Papua Barat memberikan apresiasi terhadap terselenggaranya ­kegiatan ini.

Pose bersama usai penyerahan bantuan secara simbolis


”Berkaitan dengan tema nasional yang diambil, ini merupakan bentuk kecil wujud toleransi kehidupan beragama yang ditujukan oleh Keluar­ga Buddhayana Indonesia melalui ­Yayasan ­Buddha Jayanti,” ­ungkapnya.
Menurutnya, Kota Sorong sudah dikenal dengan toleransi kehidupan antar umat beragamanya yang sangat baik. Dirinya berharap agar dengan serangkaian kegiatan yang dilakukan dapat semakin meningkatkan kepedulian sosial dan bisa mempertahankan rangking satu sikap toleransi beragama terbaik di Indonesia. (ayu)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed