oleh

Pegadaian Hadirkan Program ‘Gadai Peduli’

-Ekonomi-116 views

SORONG – Ditengah kondisi kesulitan ekonomi masyarakat akibat penyebaran pandemik Covid-19, perusahaan plat merah PT Pegadaian (Persero) yang sebelumnya telah mengeluarkan program relaksasi dan restrukturisasi angsuran untuk produk non gadai, kini telah meluncurkan program baru bertajuk ‘Gadai Peduli’. Program ‘Gadai Peduli’ ini dimaksudkan untuk dapat meringankan beban nasabah yang khusus diperuntukkan pengguna.
Pimpinan Pegadaian Cabang Sorong, Bahtiar mengatakan, melalui program ‘Gadai Peduli’, PT Pegadaian Persero Pusat berkomitmen untuk dapat terus memberikan berbagai kemudahan bagi nasabah terlebih lagi pada situasi yang sulit saat ini. “Program ini sudah dirilis oleh Direktur tanggal 1 Mei lalu. Komitmen PT Pegadaian yang disampaikan langsung oleh Direktur Utama di Jakarta beberapa waktu lalu, adalah agar nasabah bisa mendapatkan kemudahan-kemudahan melalui program ini,” terang Bahtiar menyampaikan kembali ucapan Direktur Utama PT Pegadaian.
Program ‘Gadai Peduli’, lanjutnya, adalah program dimana PT Pegadaian menetapkan bunga 0% bagi nasabahnya. Target utamanya yakni untuk membantu meringankan beban 5 juta nasabah gadai. Dimana 3,5 juta nasabah dari eksisting dan 1,5 juta diharapkan dari tambahan nasabah selama bebas bunga diterapkan. Program ini hanya berlaku untuk nasabah yang memiliki pinjaman kurang dari Rp 1.000.000. Efektivitas program ini mulai diberlakukan sejak dirilis tanggal 1 Mei 2020 dan berakhir pada 31 Juli 2020.
Teknis untuk mendapatkan program bunga 0% ini hampir sama dengan gadai konvensional. Nasabah hanya perlu datang menggadai barang yang dimiliki dengan membawa serta KTP dan mengisi formulir untuk mengajukan free sewa modal atau Bungan 0%.
“Tapi persyaratannya, dalam satu KK tidak boleh lebih dari satu nasabah yang menerima program bunga 0% ini. Untuk pembuktiannya nasabah tidak perlu membawa KK saat menggadai, karena secara otomatis asal pinjaman kurang dari 1 juta akan dicek oleh sistem yang kami miliki,” jelasnya.
Program ‘Gadai Peduli’ yang kedua yakni penundaan jatuh tempo lelang. Jika selama ini jatuh tempo lelang berlaku selama 15 hari, kini akan diperpanjang menjadi 30 hari artinya ada tambahan 15 hari relaksasi. Program ini diterapkan kepada semua nasabah Pegadaian tanpa terkecuali. “Dengan adanya program ini dimaksudkan nasabah Pegadaian bisa memiliki lebih banyak waktu pengumpulan dana untuk bisa melunasi pembayaran kewajibannya,” bebernya.
Senada dengan harapan Direktur Utama PT Pegadaian (Persero), Bahtiar berharap agar dengan dikeluarkannya program Gadai Peduli inu bisa mengurangi beban nasabahnya. Disamping itu, dirinya juga berkeinginan agar nasabah pegadaian bisa antusias memanfaatkan program tersebut.
“Sesuai dengan program kantor pusat, saya harap dengan adanya program free sewa modal atau bunga 0%, nasabah bisa mendapatkan keringanan. Karena ini hanya berlaku dari tanggal 1 Mei sampai tanggal 31 Juli, saya juga berharap agar nasabah dapat memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya. Karena saya yakin program yang ditawarkan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat nasabah Pegadaian yang sangat membutuhkan,” tandasnya. (ayu)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed