oleh

Pangkas Jam Operasi, Supermarket Tutup Lebih Awal

-Ekonomi-149 views

SORONG – Mematuhi himbauan Pemerintah Kota (Pemkot) Sorong yang mengajak semua kompenen masyarakat termasuk para usahawan untuk bekerjasma dalam memu­tus mata rantai penyebaran covid-19, pusat perbelanjaan di Sorong memangkas jam operasionalnya.
Bukan saja perubahan jam operasional, bahkan kini sudah hampir sebulan department store atau pusat berbelanja kebutuhan sekunder dan tersier juga tutup untuk sementara waktu. Hal inilah yang tentunya juga menjadi alasan merosotnya omset.
Assisten manager Papua Supermarket, Adriana Matiara yang ditemui di sela-sela kesibukannya mengatakan, penerapan perubahan jam operasional sudah dilakukannya sejak awal dikeluarkannya imbauan oleh pemerintah.
“Dari awal ada imbauan ya kita patuh, kita ikut pemerintah, jadi buka jam 9 pagi tutup jam 9 malam. Apapun dan bagaimanapun kebijakan yang dikeluarkan pemerintah kan harus kita patuhi,” terangnya Radar Sorong, Rabu (29/4).
Sementara itu hal yang sama juga diberlakukan di Saga Supermarket. Hal ini diungkapkan Manager Saga Supermarket, Syane belum lama ini.
“Jam operasional jelas berubah sesuai anjuran pemerintah pastinya. Bukanya mundur satu jam, dari yang seharusnya buka jam 08.00 WIT, sekarang kita baru buka jam 09.00 WIT pagi. Tutupnya jadi satu jam lebih cepat, yang seharusnya tutup jam 22.00 WIT, sejak ada kebijakan tersebut kita sudah tutup jam 21.00 WIT,” ungkap Syane.
Syane berharap, keadaan ini tidak berlangsung terlalu lama sebab jelang Hari Raya Idul Fitri, sudah banyak stok barang baru yang siap dijual.
“Barang baru banyak sekali, bahkan waktu itu baru datang kemudian langsung diberlakukan karantina wilayah dan department store diminta untuk tutup sementara. Sehingga stok barang masih numpuk belum sempat terjual,” bebernya.
Karantina wilayah yang seharusnya hanya diberlakukan selama dua minggu sejak awal April lalu justru diperpanjang hingga Mei mendatang.
Selanjutnya, Manager Store Ramayana Mall Sorong, Wagio yang dikonfirmasi Radar Sorong menjelaskan bahwa jam operasional Ramayana pun ikut berubah. Berbeda dengan pusat berbelanjaan lain yang ada di Kota Sorong, Ramayana justru jam operasionalnya jauh lebih singkat.
Ramayana yang semula mulai operasional jam 09.00 WIT hingga jam 22.00 WIT, kini baru buka pada siang hari pukul 12.00 WIT dan tutup jam 20.00 WIT.
Dikatakan Wagio, perubahan jam operasional ini bukan saja mengacu pada edaran pemerintah Kota Sorong, tetapi juga adanya imbauan dari management di pusat.
“Sejak wabah COVID dari management kita pangkas jam kerja hanya 8 jam saja, darijam 12 siang sampai jam 8 malam,” ungkapnya.
Disamping juga menghemat energi pekerjanya, hal ini juga dilakukan untuk memangkas margin atau biaya operasional, sebab omset Ramayanan kini juga sudah mengalami penurunan yang cukup signifikan hingga 75 persen. (ayu)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed