oleh

Warga Diimbau Jaga Kebersihan Drainase

-Metro-74 views

SORONG-Banjir maupun genangan air selalu menjadi langganan wilayah Kota Sorong ketika musim penghujann. Melihat hal tersebut, Kepala Dinas Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan (DPPLH) Kota Sorong, Julian Kelly Kambu menegaskan agar masyarakat berpartisipasi membersihkan lingkungan walaupun dalam situasi wabah Covid-19.

Kepala DPPLH Kota Sorong menjelaskan, selain masyarakat fokus memutuskan rantai penyebaran virus Corona, masyarakat juga harus memperhatikan kebersihan lingkungan, khususnya sampah yang ada di drainase – drainase agar menghindari tertutupnya jalur air yang dapat mengakibatkan banjir 

“Peran penting  distrik, lurah hingga RT untuk mengimbau warganya membersihkan saluran drainase di lingkungannya masing-masing. Jadi tidak harus menunggu pemerintah yang turun membersihkan, terkecuali untuk drainase yang berukuran besar seperti di sepanjang jalan utama Kota Sorong , misalnya dipenuhi tumpukan sampah, maka diperlukan koordinasi dengan PU untuk turunkan alat berat,” jelasnya kepada Radar Sorong, Selasa (28/4) melalui sambungan selulernya.

Ia menuturkan, jika untuk pembersihan got ataupun parit yang ada di lingkungan itu dapat dilakukan secara mandiri dengan bergotong royong, tidak harus bergantung kepada pemerintah, karena semua memiliki tanggung jawab dan saling mendukung mewujudkan kebersihan lingkungan di Kota Sorong.

Dikatakannya, masyarakat tidak perlu menunggu turunnya hujan untuk  bergerak melakukan pembersihan. Saat musim panas masyarakat seharusnya turun melakukan pembersihan untuk mengantisipasi terjadi banjir saat hujan lebat.

“Jangan sampai takut sama virus Corona lalu tidak memperhatikan lingkungan. Saya mengimbau agar masyarakat yang telah selesai menggunakan masker jangan langsung dibuang ke saluran air, karena kita tidak tahu masker yang dibuang itu ada virus atau tidak, tapi dibuang ke tempat sampah,”tuturnya. (juh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed