oleh

‘Semua Karyawan Swasta Harus Diliburkan’

SORONG – Walikota Sorong Drs.Ec. Lambert Jitmau,MM menginstruksikan kepada seluruh pimpinan perusahaan swasta agar melibutkan karyawan swasta. Instruksi tersebut diambil sebagai bentuk pencegahan penularan virus corona di Kota Sorong, sehingga perlunya masyarakat Kota Sorong mengisolasikan diri di rumah selama 14 hari.

Tidak hanya karyawan pada perusahaan swasta, karyawan di supermarket-supermarket di Kota Sorong pun harus diliburkan. Namun, hak karyawan seperti gaji tidak boleh diputuskan. “Pimpinan perusahaan jangan bandel, dan pimpinan perusahaan harus meliburkan mereka dalam batas waktu 2 minggu atau 14 hari,” tegas Lambert Jitmau, Senin (30/3).

Walikota mengingatkan jangan putuskan hak karyawan, pimpinan perusahaan harus berjiwa besar untuk membayar gaji karyawan sebab setiap perusahaan yang ada di Kota Sorong ini bukan baru beroperasi 1 atau 2 minggu melainkan sudah beroperasi bertahun-tahun lamanya. “Perusahaan-perusahaan di Kota Sorong ini kan sudah berdiri lama, sudah memiliki keuntungan dan profit yang besar juga. Apa artinya bila gunakan uang sekitar Rp 500 juta hingga Rp 1 Milliar untuk kasih gaji karyawan yang ada,” tukasnya.

Apabila para karyawan diistirahatkan untuk mengisolasikan diri di rumah, Lambert menyatakan pastinya karyawan tersebut membutuhkan makan dan minum. Karena itu, pimpinan perusahaan sebagai orang tua harus mempunyai kebijakan terhadap karyawan. “Tidak ada perusahaan yang beroperasi baik swasta maupun supermarket. Kecuali PDAM, karena menyangkut orang banyak. Sebab kalau kita libur tapi air tidak ada bagaimana kita bisa makan dan minum,” pungkasnya. (juh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed