oleh

Kampung Defenitif Harus Penuhi Syarat

-Sorong Raya-2.652 views

TEMINABUAN –Kampung persiapan akan ditingkatkan statusnya menjadi kampung defenitif jika memenuhi syarat tertentu yang diatur dalam perundang-undangan. Sejumlah persyaratan yang dimaksudkan antara lain data jumlah penduduk kampung persiapan yang telah pindah dari kampung induk ke kampung persiapan, batas wilayah yang jelas bagi kampung persiapan. Selain itu harus ada pembangunan di kampung persiapan dan harus memiliki warga yang telah berdomisili di kampung persiapan tersebut.

Selain itu kepala kampung persiapan harus menyampaikan laporan secara aktif setiap enam bulan sekali kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sorong Selatan (Sorsel). Dengan demikian Pemkab Sorsel dapat mengetahui perkembangan pembangunan di setiap kampung persiapan, selama enam bulan kepala kampung persiapan sudah kerja apa.Hal ini disampaikanBupati Sorsel Samsudin Anggiluli, SE, MAP saat meninjau sarana prasarana di Kampung Atori, Keririf,Kamundan I dan Kamundan II Distrik Kokoda Utarayang dilanjutkantatap muka dengan Warga Distrik Kokoda Utara baru-baru ini di Balai Kampung Keririf, Distrik Kokoda Utara.

Lanjut Bupati Samsudin Anggiluli, waktu yang diberikanbagi kampung persiapan untuk ditingkatkan statusnya menjadi kampung defenitif antara 1 hingga 3 tahun.Sejak pelantikan 253 kepala kampung persiapan pada 28 Desember 2018 lalu hingga saat ini telah berjalan 1 tahun 2 bulan. Kalau semua persyaratantelah terpenuhi dan sudah ada aktivitas penduduk dan pemerintahannya, barulah Pemkab Sorsel mengusulkan peningkatan status kampung defenitif ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Barat (PB).Selanjutnya Pemprov PB dan Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) akan turun untuk melihat dan memeriksa secara langsung dan kalau layak barulah ditingkatkan statusnya. Untuk itu dalam mempercepat pembangunan kampung persiapan harus ada dukungan masyarakat dengan swadaya maupun bantuan dana dari kampung induk. Cepat atau lambat peningkatan status menjadi kampung defenitif ada ditangan kepala kampung induk dan kepala kampung persiapan serta masyarakat dalam bekerja sama.(jus)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed