oleh

Bayar Pajak dan Retribusi Gunakan Aplikasi Online

-Sorong Raya-443 views

 TEMINABUAN- Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sorong Selatan (Sorsel) Dance Yulian Flassy, SE, M.Si menegaskan, bahwa pembayaran pajak daerah dan retribusi daerah di Kabupaten Sorsel akan menggunakan aplikasi online. 

 Jadi tidak ada pembayaran pajak daerah dan retribusi daerah secara manual lagi. Sehubungan dengan itu Pemkab Sorsel dalam hal ini Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) akan bekerja sama dengan Bank Papua. Untuk itu dalam waktu dekat ini Pemkab Sorsel akan melakukan launching dan memasang aplikasi online tersebut dengan Bank Papua di sejumlah hotel, tempat penginapan dan rumah makan. 

 Upaya ini merupakan hasil pembahasan dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kejaksaan Tinggi (Kejati) Papua Barat dan Bank Papua. Pembayaran pajak daerah dan retribusi daerah menggunakan aplikasi online sebagi upaya memacu peningkatan pendapatan asli daerah (PAD). Demikian penegasan Sekda Dance Flassy saat rapat monitoring dan evaluasi MCP bersama Pimpinan OPD teknis terkait baru-baru ini.

 Dijelaskan Sekda Dance Flassy, Pemkab Sorsel telah memiliki data dan uji petik di kurang lebih 85 rumah makan, hotel dan penginapan sebanyak 5 unit yang disiapkan aplikasi teksnya. Pihaknya berharap dengan aplikasi online tersebut ke depan tidak terjadi hambatan dalam peningkatan PAD. 

 Target PAD tahun 2019 lalu sebesar Rp. 12 Miliaar melampaui target berkat kerja keras dari seluruh OPD teknis terkait. Realisasi PAD Sorsel tahun 2019 lalu sebesar Rp. 18 Miliaar. Untuk itulah sumber daya manusia (SDM) di Bapenda juga dipersiapkan sehubungan pemberlakuan aplikasi online pembayaran pajak daerah dan retribusi daerah. (jus) 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed