oleh

Kumpul Akbar Dukung Maybrat Sau

SORONG-Bertempat di Samu Baah Distrik Ayamaru Kabupaten Maybrat, Jumat (14/2) dilangsungkan pertemuan akbar aparat kampung, Baperkam, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh perempuan dan tokoh agama yang tersebar di wilayah Ayamaru Raya dan Aitinyo Raya. Pertemuan akbar yang difasilitasi Bidang Pemerintahan Kampung (BPK) Sekertariat Daerah Kabupaten Maybrat tersebut adalah bentuk dukungan mereka terhadap kebijakan pemerintah daerah Kabupaten Maybrat untuk memekarkan calon daerah otonom baru (DO) Kabupaten Maybrat Sau yang beribukota di Ayamaru.

Kabag Pemerintahan Kampung Setda Kabupaten Maybrat, Origenes Howay,S.Sos yang dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Sabtu (15/2) membenarkan pertemuan tersebut. Dikatakannya, dukungan aparat kampung, Baperkam bersama para tokoh yang pertama adalah memberi dukungan kepada DPRD Kabupaten Maybrat yang telah menggelar Rapat Paripurna Istimewa dalam rangka menetapkan persetujuan pembentukan calon DOB Kabupaten Maybrat Sau yang akan berkedudukan di Ayamaru, cakupan wilayah bawahannya meliputi Ayamaru Raya, Aitinyo Raya dan Ayamaru Utara Raya.

Dalam pertemuan tersebut lanjut Origenes Howay, juga telah menghasilkan statemen penolakan terhadap sebagian kelompok masyarakat dan anggota DPRD yang dalam aspirasinya mendukung calon DOB Kabupaten Maybrat Sau beribukota di Karetubun Distrik Ayamaru Utara. “Yang terpenting adalah kita tinggalkan perbedaan. Kita satukan komitmen untuk mendukung kebijakan pemerintah Kabupaten Maybrat untuk memekarkan calon DOB Kabupaten Maybrat Sau yang beribukota di Ayamaru, bukan ditempat lain, atau di Karetubun seperti yang diaspirasikan oleh beberapa kelompok masyarakat bersama oknum anggota DPRD,” tegasnya.

Menurutnya, kehadiran DOB Kabupaten Maybrat Sau adalah solusi penyelesaian permasalahan yang pernah terjadi di Maybrat. “Energi kita banyak terkuras untuk konflik ibukota Kabupaten Maybrat. Dengan lahirnya Peraturan Pelaksana (PP) penganti UU Nomor 13 Tahun 2009 yang menetapkan Kumurkek sebagai ibukota, maka kesepakatan pemerintah pusat dan dan pemerintah daerah Kabupaten Maybrat serta Provinsi Papua Barat untuk menghadirkan calon DOB Maybrat Sau yang akan beribukota di Ayamaru sebagai solusi untuk mengakhiri konflik yang berkepanjangan,”  tandasnya.

Orho ~sapaan akrab Kabag Pemerintahan Maybrat ini~ mengharapkan kepada seluruh lapisan masyarakat Maybrat supaya menanggalkan perbedaan, satukan komitmen untuk memberi dukungan kepada Bupati Maybrat yang juga tokoh sekaligus pemimpin orang Maybrat bersama tim pemekaran yang sudah terbentuk, untuk mendorong percepatan pembentukan DOB Maybrat Sau. “Mari kita berikan dukungan kepada Bupati karena Bupati ini salah satu pemimpin besar bagi kita Maybrat yang miliki visi kedepan untuk membangun Papua khususnya Kabupaten Maybrat,” pungkasnya. (ris)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed