oleh

45 Peserta Ikut Tes Seleksi CPNS Basarnas

-Manokwari-269 views

MANOKWARI-Basarnas Manokwari bersama tim dari BKN (Badan Kepegawaian Negara) melaksanakan tes seleksi CPNS (Calon Pegawai Negeri) Basarnas, di SMA Negeri 1 Manokwari, Kamis (6/2/2020) pagi hingga siang. Terdaftar sebanyak 55 peserta  yang akan mengikuti tes kemampun dasar dengan sistem CAT (computer assisted tes), namun 10 persen lainnya tidak hadir atau terlambat datang sehingga tak diikutsertakan.

Pantauan Radar Sorong, para peserta mulai datang di SMAN 1 Manokwari sejak pagi sekitar pukul 07.00 WIT. Panitia tes memperlihatkan ruangan komputer yang tersegel.

Sebelum memasuki ruangan tes, para peserta diminta tidak membawa handphone dan barang dilarang lainnya. Peserta hanya membawa alat tulis. Tas diletakkan di luar.

Pelaksaan tes dibagi 2 sesi, sesi pertama mestinya diikuti 40 orang, tetapi hanya 31 yang hadir. Ada 3 peserta yang datang terlambat atau 30 menit setelah tes, namun tak diikutsertakan. Sedangkan sesi dua terdapat 15 peserta, tetapi 1 peserta lainnya tak hadir. Masing-masing sesi selama 90 menit.

Para peserta langsung bisa melihat hasil atau perolehan hasil tes CAT di layar yang disiapkan panitia. Sebagian peserta tak memenuhi nilai standar.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Manokwari, George Mercy Randang kepada wartawan mengatakan, dalam formasi CPNS 2019 ini, Basarnas Manokwari mendapat posisi untuk  rescue syarat pendidikan SMA/SMK, ABK (Anak Buah Kapal) pendidikan SMA/SMK, Operator Komunikasi pendidikan D3 dan Analisis Keuangan pendidikan S1 (sarjana). Pendaftaran dilaksanakan secara online oleh panitia pusat, dilanjutkan seleksi berkas administrasi juga secara online.

“Ada 10 peserta yang tidak hadir, 3 di antaranya datang terlambat. Padahal kami sudah sampaikan berulang kali, satu jam sebelum pelaksanaan ujian sudah harus ada di lokasi. Ya, sesuai aturan yang ada, maka yang terlambat datang tak diikutsertakan lagi. Kita ingin dapatkan SDM yang berkualitasi dan disiplin,’’ ujar Randang.

Randang mengatakan, SAR Manokwari masih sangat membutuhkan tenaga, baik untuk rescue, administrasi, kru kapal SAR. Dalam formasi CPNS 2019 ini, SAR Manokwari hanya mendapat kuota 16 orang. “Sehingga kami masih membutuhkan putra-putra terbaik untuk bergabung di Basarnas, tetapi itu tadi, formasi dari pusat terbatas,” katanya.(lm)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed