oleh

Gubernur Usul Bangun Jembatan Manokwari-Mansinam

-Manokwari-197 views

MANOKWARI-Gubernur Papua Barat Drs Dominggus Mandacan seakan tak mau kalah dengan Jayapura, Provinsi Papua yang miliki icon jembatan Yotefa. Dominggus berharap, Provinsi Papua Barat, khususnya Manokwari juga punya jembatan sebagai icon daerah.

Maka, Gubernur Papua Barat pun mengusulkan pembangunan jembatan dari daratan Manokwari ke Pulau Mansinam, pulau peradaban orang Papua. Bertepatan dengan peringatan HUT Pekabaran Injil di Tanah Papua ke-165, Kamis 5 Februari di Pulau Mansinam, Gubernur menyerahkan usulan proposal pembangunan jembatan Kwawi, Manokwari-Mansinam ke sejumlah pejabat terkait, Staf Khusus Kepresidenan Billy Mambrasar, pejabat Bappenas Felix Wanggai, Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional Wilayah Papua Barat dan Dirjen Bimas Kristen Kemenag.

Gubernur mengatakan,rencana pembangunan jembatan Kwawi-Mansinam ini pertama kali disampaikan pada pertemuan Bappenas di Jakarta belum lama ini bertema ‘’Membangun Papua, SDM Papua Unggul Indonesia Maju. Pada pertemuan tersebut, dua gubernur di tanah Papua diberi kesempatan menyampaikan paparan.

Kesempatan itu dimanfaatkan Dominggus Mandacan mengajukan gagasan pembangunan jembatan Kwawi-Mansinam yang diharapkan dapat menjadi icon daerah, seperti jembatan Yotefa di Jayapura. “Pada waktu itu saya juga diberi kesempatan untuk menjadi pembicara dan diberi waktu untuk sampaikan paparan,” katanya.

Gubernur mengatakan, pada pertemuan yang digelar Januari 2020, Wakil Menteri PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) John Wempi meminta dukungan untuk membangun jembatan dari Kwawi ke Pulau Mansinam. Jembatan ini diharapkan menjadi icon religius. ‘’Akan jadi icon religius, icon pekabaran Injil. Saya jawab ke Pak Wamen PUPR, bahwa saya siap untuk mempersiapkan apa yang menjadi tanggung jawab dan kewenangan,’’ ucapnya.

Dominggus mengatakan, dirinya dan masyarakat Manokwari akan memberikan dukungan pembangunan jembatan penyeberangan Kwawi-Mansinam yang akan diperjuangkan Wamen PUPR.

Gubernur menuturkan, Wamen  PUPR lewat sekretarisnya menghubungi dirinya agar bisa diundang menghadiri peringatan HUT Pekabaran Injil di Tanah Papua ke-165 di Mansinam, sekaligus akan diserahkan proposal pembangunan jembatan Kwawi-Mansinam.

Namun Wamen PUPR direncanakan  baru akan tiba di Manokwari, Kamis (6/2). “Jadi pada peringatan HUT Pekabaran Injil ini saya serahkan proposal ke pejabat Bappenas dan Balai Pelaksana Jalan Nasional untuk diteruskan ke Menteri PUPR dan Presiden,” katanya.(lm)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed