oleh

Kebakaran Lahan Landa Kabsor

AIMAS-Beberapa hari terakhir, kebakaran lahan gambut terjadi di Kabupaten Sorong. Senin (3/1) siang sekitar pukul 12.35 WIT, kebakaran lahan kembali terjadi di SP 3 Km 30 Jalan Kontainer, Kabupaten Sorong. Kebakaran lahan berlanjut hingga sore hari, sekitar pukul 17.00 WIT di Klalin 2, Kelurahan Klaigit Distrik Aimas, Kabupaten Sorong. 

Informasi yang diperoleh Radar Sorong, kebakaran terjadi di lahan kosong milik warga, sekitar pukul 12.35 WIT yang diduga merambat ke 3 titik lainnya. Dibantu anggota Polres Sorong, warga melakukan pemadaman secara gotong royong. Awalnya, pemadaman memanfaatkan air kali di sekitar lokasi lahan yang terbakar, sembari menunggu mobil pemadam kebakaran hutan dan lahan (karhutla) Kabupaten Sorong.  

Sekitar pukul 17.00 WIT, di Klalin 2, kebakaran kembali terjadi. Lokasi kebakaran hanya berjarak sekitar 100 meter dari pemukiman warga. Diperkirakan lahan yang terbakar seluas kurang lebih 5 Hektar.  Sebelumnya, beberapa warga melihat adanya api yang menyala di semak belukar antara jalan Petrogas dan pemukiman warga. Api kemudian mulai menjalar ke arah pemukiman warga. 

Kepala Distrik Aimas, Yuri,S.Sos turun langsung ke lokasi kebakaran, mengajak warga untuk memadamkan api dengan cara memotong rumput menggunakan mesin babat agar tidak merembet ke pemukiman. Pemadaman kebakaran juga dibantu anggota Koramil 1802-01 Sorong Timur dan anggota Polsek Aimas.  Sekitar 1 jam keudian, dua mobil Damkarhutla milik Pemerintah Kabupaten Sorong, tiba di lokasi kebakaran melakukan pemadaman.  Lurah Malasom, Akmadi yang dihubungi koran ini membenarkan adanya kebakaran. “Iya, ini kami masih lakukan pemadaman,” katanya kepada Radar Sorong, kemarin.

Sebelumnya, pada Minggu (2/2) sekitar pukul 19.00 WIT di Jalan Kontainer Km 30 juga terjadi kebakaran lahan gambut yang diperkirakan seluas 8 hektar. Kurang lebih 3 jam, mobil Damkarhutla Kabupaten Sorong baru tiba di lokasi untuk memadamkan api. Ukuran tanki yang minim, memaksa mobil damkarhutla berkali-kali melakukan pengisian air. Hingga tengah malam sekitar pukul 24.00 WIT, pemadalam selesai dilakukan. 

Kebakaran lahan yang terjadi di Kabupaten Sorong ditanggapi serius Bupati Sorong, Dr. Johny Kamuru,SH,MSi terkait dengan penanganannya oleh mobil damkarhutla yang diperoleh sejak Tahun 2018. Menurutnya, kendala yang terjadi pada damkarhutla harus segera diatasi untuk mengantisipasi adanya kebakaran lahan yang jauh lebih besar. “Kita akan komunikasikan dengan Satpol PP untuk persoalannnya,” katanya kepada Radar Sorong, kemarin. (nam)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed