oleh

Kabsor Raih Penghargaan SPIP dan APIP Level 3

-Metro-91 views

AIMAS – Kabupaten Sorong merupakan satu-satunya wilayah di Provinsi Papua dan Papua Barat yang memperoleh penghargaan atas pencapaian maturitas penyelenggara Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) dan Kapabilitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) level 3 yang diserahkan oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). 

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Papua Barat, Riki Antariksa A.K.,M.Si kepada Pemerintah Kabupaten Sorong, yang diterima Bupati Sorong, Dr. Johny Kamuru,S.H.,M.Si dan Kepala Inspektorat Kabupaten Sorong, Cliff A. Japsenang,S.Sos.,M.Si di Aula Inspektorat, Senin (3/2). 

Dijelaskan Riki, pencapaian di level 3 tersebut merupakan sesuatu yang sangat baik. Dimana, untuk pertama kalinya di wilayah Papua dan Papua Barat, ada daerah yang memperoleh pencapaian hingga ke level 3 yakni Pemerintah Kabupaten Sorong.

“Ini untuk pertama kalinya, baik SPIP dan APIP di Papua dan Papua Barat, baru Kabupaten Sorong yang boleh berbangga diri karena memperoleh pencapaian di level 3,” jelasnya. 

Untuk pencapaian level sendiri, dijelaskan Riki hanya mencapai level 5. Untuk level 1, menurutnya masih belum apa-apa, sementara untuk level 2 sudah masuk dalam tahap berkembang, sementara level 3 pencapaian sudah baik, dimana dokumentasi dari pemerintahan tersebut sudah baik. “Hampir seluruh daerah itu, masih level 2, kalau level 3 itu sudah masuk ke tingkat kementerian, jarang ada yang sampai dilevel 4,” ucapnya. 

Dengan pencapaian tersebut, Riki menyampaikan, Kabupaten Sorong patut menjadi contoh bagi pemerintahan di wilayah di Papua dan Papua Barat. Namun, ia juga berpesan agar Pemerintah Kabupaten Sorong dapat mempertahankan pencapaian tersebut. “Kalau lengah, bisa jadi pencapaiannya menurun ke level bawah, jadi perlu berhati-hati,” ucapnya. 

Sementara itu, Bupati Sorong menyampaikan terima kasih atas penghargaan tersebut. Karena menurutnya, pencapaian tersebut tidak terlepas dari peran seluruh OPD yang selama ini bergerak dibalik panggung untuk melaksanakan tugasnya. “Kalau Bupati, Sekda, Wakil ini di atas panggung, ada yang lebih berperan dibalik panggung,” katanya. 

Ia juga memberikan apresiasi terhadap dukungan BPKP yang melakukan pembinaan selama ini, sehingga pencapaian tersebut dapat diraih. Namun, pencapaian yang diraih kali ini bukan yang pertama kali, beberapa kali, Kabupaten Sorong juga memperoleh penghargaan atas pencapaian-pencapaian lainnya.

Untuk itu, ia mengharapkan agar seluruh OPD dapat bekerja secara maksimal sesuai dengan tugas dan fungsi untuk tetap mempertahankan apa yang telah diraih selama ini. (nam)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed