oleh

Sorong Manoi Juara Umum MTQ Kota Sorong

-Metro-92 views

SORONG-Pelaksanaan lomba Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Kota Sorong tahun 2020 dilaksanakan di Madrasahah Tsanawiyah (MTs) Kota Sorong. Kontingen dari Distrik Sorong Manoi tampil sebagai juara umum, kegiatan yang berlangsung 2 hari ini dibuka Wakil Wali Kota Sorong, dr. Hj. Pahimah Iskandar. 

Dari hasil seleksi MTQ tingkat Kota Sorong, sebanyak 48 pemenang dari 4 cabang yang dilombakan tersebut, akan dibina selama kurang lebih 2 bulan, selanjutnya akan mengikuti perlombaan MTQ tingkat Provinsi Papua Barat yang akan diselenggarakan pada bulan April di Teminabuan, Kabupaten Sorong Selatan.

4 cabang yang dilombakan dalam MTQ Tingkat Kota Sorong yakni, Tilawahtil Qur’an Putra dan Putri sebanyak 73 peserta, Hifzil Qur’an Putra dan Putri sebanyak 27 perserta, Fahmil (Cerdas Cermat) Putra dan Putri sebanyak 51 peserta dan Syahril (ceramah) Putra dan Putri 42 peserta.

Wakil Wali Kota Sorong, dr. Pahimah Iskandar dalam sambutannya mengatakan, MTQ ini diselenggarakan hanya 2 tahun sekali dan sebagai wadah untuk menyeleksi para Qori dan Qori’ah, kemudian Hafiz serta Hafizah dalam melantunkan Al-Qur’an dengan baik dan indah, sekaligus menjadi modal untuk kembali mendengar, membaca dan mengkaji isi kandungan Al-Qur’an sebagai pedoman dalam kehidupan.

“MTQ hari ini merupakan awal dari tahapan seleksi menjadi Qori dan Qoriah yang akan mewakili Kota Sorong pada ajang MTQ tingkat provinsi,”terangnya, Sabtu (1/2).

Sementara itu, Ketua Panitia MTQ Kota Sorong, Thamrin Tajuddin, ST., MM mengatakan, sesuai dengan tema MTQ tahun 2020 yakni dengan MTQ membina toleransi dalam menyikapi perbedaan di Kota Sorong. Sehingga rasa persatuan dan kesatuan keumatan di Kota Sorong semakin kuat, demi pembangunan di kota yang kita citai ini.

 “Kegiatan MTQ  ini merupakan agenda rutin dibawah binaan bapak Wali Kota Sorong dan kami juga berharap dukungan semua pihak termasuk Wali kota Sorong ,”ujarnya.

Ketua Panitia juga berharap dengan adanya kegiatan MTQ ini dapat membawa kafilah Kota Sorong pada tingkatan yang lebih tinggi. Namun, MTQ juga menjadi suatu syiar umat Islam dalam mencintai nilai-nilai yang terkandung di dalam Al Quran.”Dan hal ini juga mananamkan rasa keimanan yang tinggi bagi kami umat Islam di Kota Sorong,”tuturnya.

Dalam kegiatan MTQ ini, dirinya tidak menargetkan yang berlebihan yang harus mewakili Kota Sorong ke jenjang provinsi. Namun, dirinya berharap pada tingkat provinsi, Kota Sorong memiliki duta-duta yang berpotensi untuk bisa diusung. Karena sudah semenjak 2 tahun ini, Kota Sorong tidak mengimpor kafilah dari luar melainkan memanfaatkan sumber daya yang ada di Kota Sorong.

“Berdasarkan pernyataan Ibu Wakil Wali Kota, tidak harus juara 1 yang mewakili Kota Sorong, karena indikator utama yang siapapun yang akan kami usung pada tingkat provinsi adalah pada bentuk pembinaan. Karena boleh saja juara satu di sini, dan 2 atau 3 hari kedepan ternyata kurang bagus. Oleh karena itu, paling penting adanya pembinaan dalam waktu 2 bulan sebelum kami usung,”pungkasnya.(juh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed