oleh

Raja Begal Dilumpuhkan !

-Berita Utama-9.993 views

SORONG-Tim Khusus Sub Direktorat Kejahatan dan Kekerasan  (Subdit Jatanras) Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimun) Polda Papua Barat, terpaksa melumpuhkan AF yang terkenal sebagai ‘Raja Begal’, dengan menggunakan timah panas (peluru) setelah mencoba melawan petugas saat hendak ditangkap pada Sabtu (1/2) di Km 10 Kota Sorong.

AF diburu aparat kepolisian berdasarkan hasil pengembangan dan pengakuan para tersangka begal yang terlebih dahulu diamankan jajaran Polres Sorong Kota. Selain dijuluki ‘Raja Begal’, AF juga merupakan penadah barang hasil curian di Kota Sorong.

Kasubdit Jatanras Ditreskrimum Polda Papua Barat, AKBP Junov Siregar,SH,SIK yang memimpin langsung penangkapan menjelaskan, penangkapan AF sebelumnya terjadi drama, kejar-kejaran. Pelaku yang telah diketahui keberadaannya, melarikan diri saat tim mencoba melakukan penangkapan di Km 10. 

“Saat diamankan pelaku berusaha melawan dan melarikan diri, sehingga tim mengeluarkan tembakan peringatan. Pelaku terus melarikan diri, dibarengi perlawanan, dan akhirnya tim melakukan tindakan tegas dan terukur dengan cara melumpuhkan pelaku menggunakan senjata api tepat di paha sebelah kanan,” jelas Junov Siregar kepada wartawan, Sabtu (1/2).

Dijelaskannya, saat melakukan aksinya, pelaku begal terlebih dahulu membuntuti korban menggunakan sepeda motor, kemudian merampas barang-barang berharga milik korban. Pelaku juga sebagai penadah barang hasil curian yang dilakukan begal lainnya yang sebelumnya telah diamankan di Polres Sorong Kota.

Sementara itu, Kapolda Papua Barat melalui Kabid Humas AKBP Mathias Krey kepada wartawan mengungkapkan, Tim Khusus Jatanras Ditreskrimum Polda Papua Barat dipimpin Kasubdit Jatanras AKBP Junov Siregar,SH,S.IK, ikut turun ke Kota Sorong menangani permasalahan begal dan jambret di wilayah Sorong.  Tim Khusus Jatanras melakukan pengembangan tersangka jambret dan begal yang sebelumnya sudah diamankan Polres Sorong Kota.

Berdasarkan pengembangan, Tim Khusus Jatanras berhasil  membekuk spesialis sejumlah tindak kriminal, jambret/begal, curanmor dan penadah barang curian berinisial AF alias Ongen alias  Nyong, tepatnya di Km 10 Kota Sorong, Sabtu (1/2) sekitar pukul 13.40 WIT.

Kabid Humas menjelaskan, tim melakukan penangkapan dibantu masyarakat. Pada saat akan diamankan, pelaku berusaha melawan dan melarikan diri, sehingga tim mengeluarkan tembakan peringatan, namun pelaku terus melakukan perlawanan dan akhirnya tim melakukan tindakan tegas dan terukur mengenai paha kanan.

 Berdasarkan hasil interogasi lanjut Kabid Humas, sejumlah pelaku curanmor yang sudah ditangkap di Polres Sorong Kota, pelaku curanmor mengaku menyerahkan semua BB hasil curian kepada pelaku AF dan juga terlibat dalam beberapa laporan polisi di Polres Sorong Kota dan Polsek Sorong Barat serta Polsek Sorong Timur.

Kabid Humas menuturkan, para pelaku melakukan aksi kejahatan dengan berbagai modus, di antaranya, pelaku membuntuti korban dengan menggunakan sepeda motor, kemudian merampas barang-barang milik korban. Pelaku menerima barang hasil curian dari pelaku yang sudah diamankan/ditangkap oleh Polres Sorong Kota.

Atas perbuatannya, AF disangkakan Pasal 363, 365, dan 480 KUHP. Barang bukti yang diamankan dari penangkapan AF, 1 Unit Motor Yamaha Mio M3,  1 Buah HP Samsung lipat dan uang tunai Rp 300.000. (juh/lm)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed