oleh

Pemprov Evaluasi Serapan Anggaran dan Lelang Pekerjaan

-Manokwari-38 views

MANOKWARI-Pemerintah Provinsi Papua Barat mengevaluasi serapan anggaran. Asisten 2 Bidang Ekonomi Pembangunan Setda Provinsi Papua Barat, Melkias Werinussa mengatakan, pada rapat akhir pekan lalu, Gubernur mewanti-wanti OPD (organisasi perangkat daerah) untuk mempercepat pelaksanaan kegiatan.

Werinussa mengatakan, Gubernur tak menghendaki penumpukan pencairan anggaran kepada pihak ketiga dilakukan pada bulan Desember atau akhir tahun. OPD diminta segera mempersiapkan administrasi dengan harapan penandantangan kontrak pengadaan barang dan jasa sudah dimulai Mei atau Juni.

“Kita lebih banyak pada evaluasi proses pengadaan barang dan jasa. Tahun kemarin (2019) masih ada tagihan yang masuk di akhir bulan Desember. Bahkan ada yang sampai datang demo di Kantor Dinas PU karena penundaan pembayaran,’’ ujar Asisten 2.

Gubernur lanjut Werinussa berharap, tahun 2020 ini ada perbaikan dalam proses  pelelangan pengadaan barang dan jasa. Proses lelang diharapkan dimulai lebih awal sehingga pekerjaan pengadaan barang dan jasa pun waktunya lebih panjang.

“Kita harapkan  proses tender pengadaan barang dan jasa bisa cepat. Sehingga pada November pekerjaan dan pembayaran sudah tuntas,” katanya.

Menurut dia, akan dilakukan evaluasi mulai dari sistem di OPD. Setiap OPD diminta untuk segera menyerahkan rencana umum anggaran (RKA), selanjutnya proses tender dilaksanakan di Unit Layanan Pengadaan. “Sistem ini  harus kita robah supaya berjalan baik, tidak menabrak aturan, Skedul dan proses pelelangan itu ada aturannya,” ujarnya.

Asisten 2 mengatakan, hasil rapat yang dipimpin gubernur dihadiri para pimpinan OPD, pengadaan barang dan jasa mengikuti skedul dan tahapan. Termasuk juga pekerjaan untuk pengusaha orang asli Papua perlu diatur, tidak menabrak aturan.

“Kita ikuti tahapan. Untuk penunjukkan langsung, setiap pengusaha harus terdaftar di LPSE dan di sistem SIKAP. Dalam aplikasi SIKAP Ini kita bisa tahun seorang pengusaha yang terdapat sudah dapat pekerjana di kabupaten mana atau OPD mana. Aplikasi ini akan  mengontrol secara keseluruhan,’’ jelasnya.(lm)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed