oleh

Gramedia Berbenah, Koleksi Buku Semakin Lengkap

-Ekonomi-139 views

SORONG – Gramedia yang merupakan satu-satunya bookstore terlengkap di Indonesia, yang salah satunya berada di Sorong segera berbenah dan merenovasi tampilan dari toko buku tersebut. Gramedia Sorong yang selama ini masih sebagai toko buku exhibition rencananya akan segera menjadi toko buku reguler pada bulan Maret mendatang.

Manager Gramedia Sorong, Joko, yang ditemui Radar Sorong, (31/1) di bookstore mengatakan, sesuai estimasi, Gramedia reguler rencananya akan opening pada 27 Maret. “Tentu saja segala sesuatunya kan harus disiapkan dulu, kalau sesuai estimasi mudah-mudahan bisa Grand Opening tanggal 27 Maret nanti. Jadi sementara kami vakum dulu bukan tutup permanen,” kata Joko.

Dikatakannya, setelah Gramedia Sorong menjadi toko buku reguler, koleksi buku-bukunya sudah pasti akan lebih lengkap dan komplit dengan berbagai macam produk-produk baru lagi. Termasuk juga furniture yang digunakan sudah pasti lebih eksklusif. Hal ini karena pengelolaannya yang selama ini masih dikoordinir dari Gramedia Manado, bakal dihandel langsung dari Gramedia Pusat di Jakarta.

Alamat dan lokasi Gramedia Sorong nantinya tidak akan berubah. Hanya saja akan berbeda pada tampilannya saja. Gramedia reguler nantinya akan hadir dengan wajah baru yang lebih tertata dengan interior yang lebih mewah.

Mengenai produk nanti ada tambahan yang lebih insentif, seperti contoh akan ada alat olahraga, alat-alat IT, printer, semua akan lebih komplit. Kemudian varian produknya juga akan ada tambahan-tambahan dari supplier-supplier seluruh Indonesia akan masuk semua. Koleksi buku-bukunya juga akan lebih banyak lagi, karena pengelolaannya direct dari Jakarta.

“Selama ini kan barangnya disupply dari Manado, saya sebagai Manager Manado hanya membantu untuk exhibition di Sorong untuk persiapan bulan Maret nanti. Tapi kalau toko ini sudah jadi toko buku reguler, barang bisa langsung disupply dari pusat tanpa harus melalui Manado lagi,” jelas Joko.

Sejauh ini sudah sebanyak 25 ribu item produk yang ada di Gramedia Sorong. Kedepannya, kuantiti produk dan kolehsi buku-bukunya ditaksir akan bertambah menjadi 40 ribu item. 

Sejak buka pada tahun 2019 silam, produk yang paling banyak terjual adalah buku dan ATK. Sebab segmen yang menjadi pasar adalah instansi, perkantoran dan sekolah. Tak hanya dari Kota Sorong saja, konsumen Gramedia juga bahkan sering datang dari Kabupaten Sorong, seperti Aimas dan sekitarnya. “Apalagi ini kan satu-satunya toko buku yang paling besar dan terlengkap di Sorong, jadi pelanggannya dari mana-mana juga datang ke sini,” imbuhnya.

Selain itu, sambung Joko, demi memberikan pelayanan yang maksimal kepada pelanggan nantinya, pihaknya juga membuka lowongan bagi masyarakat Kota Sorong yang ingin bekerja dan memberikan kontribusi bersama Gramedia.

Joko berharap, hadirnya Store Gramedia reguler nanti akan membantu masyarakat di Kota Sorong untuk lebih sadar terhadap dunia keilmuan dari buku-buku yang dijual di strore ini. Sehingga lebih banyak menarik investor kita dari luar untuk semakin berkompetisi di Sorong. “Harapan terbesar sudah pasti, agar Gramedia bisa berkembang di Sorong, sehingga masyarakat yang butuh buku tidak susah-susah ke sana kemari,” tutur Joko.

Ia menambahkan, Gramedia juga punya toko buku online untuk semakin mempermudah masyarakat. Jadi semisal ada buku yang tidak ada di Gramedia Sorong nanti bisa dipesankan di Gramedia Pusat melalui Gramedia Go, dan dikirim melalui ekspedisi khusus yang dimiliki Gramedia yaitu Kompas Gramedia Eks (KG-Eks), sehingga bisa lebih cepat pengirimannya juga lebih menekan biaya ekspedisinya.(ayu)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed