oleh

Cabe Rawit Bertahan di Harga Rp 80 ribu

-Ekonomi-105 views

SORONG – Berada di pekan terakhir Januari, harga jual cabe rawit di Pasar Sentral Remu Sorong masih bertahan. Harga ini masih sama seperti dua pekan sebelumnya. Berdasarkan pantauan Radar Radar Sorong di beberapa lapak pedagang di pasar, Jumat (31/1) rata-rata pedagang menjual cabe rawit seharga Rp 80 ribu per kilo. 

 Sementara harga cabe merah keriting turun harga menjadi Rp 50 ribu per kilo. Sama dengan cabe merah kriting, harga cabe merah besar juga turun harga menjadi Rp 50 ribu per kilo. Sayangnya, cabe jenis ini masih jarang ditemukan, hanya satu atau dua pedagang yang menjual cabe jenis ini.

Salah seorang pedagang yang enggan namanya dikorankan, mengatakan penyebab kelangkaan cabe jenis ini karena pasokan cabe merah besar dari petani di Sorong masih kurang. Sehingga pedagang biasanya harus memasok dari luar daerah. “Cabe merah besar agak susah karena pasokan dari petani lokal sedikit, tidak setiap hari ada. Kalau cabe merah besar yang sekarang saya jual ini diambil dari Manokwari,” terangnya kepada Radar Sorong.

Harga tomat lokal yang dipasok dari Aimas juga masih bertahan di harga Rp 30 ribu per kilo. Sedangkan tomat  dari Manado harganya Rp 25 ribu. Kemudian, bawang merah harganya bervariasi tergantung ukuran dan kualitasnya. Untuk saat ini, bawang merah dijual dengan harga Rp 45 ribu sampai Rp 50 ribu per kilo. Sedangkan bawang putih masih menduduki harga Rp 45 ribu per kilonya.

“Bawang merah dan bawang putih sudah termasuk normal, harganya memang rata-rata segini. Bawang putih ini diimpor dari China, sedangkan bawang merah dikirim dari Makassar, kadang juga dari Surabaya,” jelas Arfan kepada Radar Sorong.

Beberapa pedagang mengetahui secara pasti alasan kenaikan harga beberapa komoditi. Hanya saja mereka menduga kenaikan harga kemungkinan memang dipicu dari pasokan petani berkurang. Dikatakan Arfan, sejak beberapa komoditi mengalami kenaikan harga, daya beli dari masyarakat juga cenderung menurun, namun tak terlalu signifikan.

Berbeda dengan komoditi bumbu dapur di atas, harga beberapa komoditi bahan pokok (bapok), masih sama seperti pada pekan sebelumnya. Minyak goreng curah masih bertahan di harga Rp 12 ribu per liter, gula pasir Rp 13 ribu per kilo, dan tepung terigu Rp 8 ribu per kilo. Telur ayam ras yang dipasok dari Surabaya juga masih bertahan di harga Rp 55 ribu per ram.  (ayu)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed