oleh

700 Prajurit Siap Digeser ke Koramil

-Manokwari-86 views

MANOKWARI-Sebanyak 700 prajurit TNI AD yang berasal dari Kodam se-Indonesia saat ini sudah berada di Manokwari. Sementara mereka ditempatkan di asrama BLK (Balai Latihan Kehutanan) untuk pembekalan sebelum diterjunkan ke Kodim Persiapan yang tersebar di 12 kabupaten di wilayah Provinsi Papua Barat.

Wakil Komandan (Wadan) Resimen Induk Kodam (Rindam) XVIII/Kasuari Kolonel Inf I. Made Suharsana, selaku Komandan Satuan (Dansat) Pembekalan Satuan Bawah Kendali Operasi (BKO) Koramil Persiapan jajaran Kodam XVIII/Kasuari, menyampaikan latar belakang dilaksanakannya pembekalan adalah berawal dari pembentukan Kodam XVIII/Kasuari pada 19 Desember 2016 sampai dengan saat ini yang telah berjalan selama 3 tahun.

Made Suharsana kepada wartawan di BLK mengatakan, saat ini kekuatan personel Kodam XVIII/Kasuari masih sangat kurang baru terealisasi 39%. Personel yang ada dirasakan masih sangat kurang dibanding luasnya wilayah kurang, sehingga untuk memenuhi kebutuhan personel di Kodam ini didatangkanlah Satuan BKO Koramil Persiapan.

“Atas kebijakan pimpinan Angkatan Darat untuk mempercepat proses pembentukan satuan baru, khususnya Satuan Komando Kewilayahan (Satkowil) setingkat Koramil,” ujar Kolonel Made, Jumat (31/1/2020) di BLK yang menjadi Posko Pembekalan Satuan BKO Koramil Persiapan.

Lebih lanjut dikatakan, sebanyak 700 orang Prajurit dari berbagai satuan di jajaran TNI AD di seluruh Indonesia. “Nah, sebelum mereka kita sebar di Koramil-Koramil yang nantinya akan kita bentuk menjadi 57 Koramil, sebelumnya mereka kita latih, kita didik, kita bekali dulu di Kodam,” ucapnya.

Tentang materi dalam pembekalan kepada 700 orang Prajurit Satuan BKO tersebut meliputi ceramah dari unsur pimpinan di Provinsi Papua Barat, diantaranya Pangdam, Kapolda, Kasdam, Danrem 181/PVT, dan Gubernur serta materi Teritorial, Intelijen, Hukum dan materi tempur.

“Semua itu untuk mendukung kegiatan mereka yang akan melaksanakan tugas di lapangan nantinya. Sedangkan tujuan dilaksanakannya pembekalan ini sudah jelas, yaitu untuk membekali mereka dengan kemampuan, pengetahuan, dan keterampilan, khususnya tentang Teritorial sehingga setelah disebar, mereka nantinya bisa melaksanakan tugas dengan baik di lapangan. Nah itu harapan kita,” ungkap Made Suharsana.

Lebih lanjut dikatakan, Kodam menginginkan, setelah ratusan personel Satuan BKO Koramil Persiapan disebar ke tempat tugas masing-masing yakni di Koramil-Koramil yang akan dibentuk, mereka dapat bekerjasama dan bersinergi dengan instansi dan aparat keamanan, termasuk dengan pemerintah daerah setempat, karena salah satu tugas mereka adalah menyiapkan percepatan proses berdirinya Koramil.

“Mereka juga perlu bekerjasama dengan pemerintah daerah setempat, karena berkaitan dengan lahan yang akan digunakan untuk mendirikan Koramil,” ucapnya.

Prajurit Satuan BKO Koramil Persiapan tersebut akan menjalani tugas selama 1 tahun, mulai dari Januari ini sampai dengan Desember 2020. Harapannya, disaat tugas mereka berakhir, sudah tercipta kerangka untuk pembentukan Koramil baru, yakni sebanyak 57 Koramil yang tersebar di 12 Kodim di lingkungan Kodam XVIII/Kasuari.(lm)  

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed