oleh

Wagub Minta Revisi Otsus Atur Pemanfaatan SDA

-Manokwari-93 views

MANOKWARI-Wakil Gubernur Papua Barat Mohamad Lakotani mengharap revisi UU Nomor 21 Tahun 2001 tentang Otsus Papua dapat juga menyasar pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya alam (SDA) untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat di provinsi ini. Dia menilai pengeloaan SDA saat ini oleh perusahan-perusahaan multinasionel seperti LNG Tangguh tidak transparan.

Wagub mengatakan,  jangankan rakyat biasa, gubernur pun sulit mendapatkan data soal hasil yang diperolah LNG Tangguh dalam mengelola gas alam cair di Bintuni. “Dengan revisi UU Otsus, Pemprovinsi Papua Barat dapat mengatur kekayana alam yang dimiliki bagi kemakmurah rakyat, filosofinya seperti itu.  Realitanya hari ini, gas LNG Tangguh saja, sampai hari ini gubernur tidak tahu,” jelas Lakotani.

Dia berharap dalam revisi UU Otsus ini butuh kontribusi dan masukan dan berbagai pihak sehingga apa yang disebutkan  mengatur diri sendiri dalam pemanfaatan sumber daya alam benar-benar terwujud.

“Kita harapkan dengan pelaksanan Otonomi Khusus  ini dapat mengurangi kesenjangan di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat dengan provinsi lainnya di Indonesia. Memberikan kesempatan dan peluang kepada rakyat Papua sebagai subjek pembangunan,’’ ujarnya.

Wagub berharap potensi kekayaan alam dapat dimanfaat secara optimal untuk mensejahterakan rakyat. Juga termasuk pembiayaan yang berasal dari pemerintah pusat dimanfaat untuk mengejar ketertinggalan pembangunan.

“Waktu terus berjalan, kita siapkan rancangan revisi UU Otonomi Khusus, sehingga tahun depan (2021) kita sudah punya UU Otsus yang baru  menjadi dasar hukum pengalokasian dana Otsus dan pemanfaatan potensi sumber daya alam demi kemakmuran orang asli Papua,” kata Wakil Gubernur.(lm)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed