oleh

Gubernur Buka Raker Bea Cukai Wilayah Papua

-Manokwari-113 views

MANOKWARI-Gubernur Papua Barat Drs Dominggus Mandacan membuka Rapat Kerja (raker) Direktorat Jenderal Bea Cukai Wilayah Khusus Papua yang berlangsung di Swiss-belhotel Manokwari, Kamis (30/1/2020). Dihadiri sejumlah pejabat sipil, TNI dan Polri.

Gubernur mengatakan, Direktorat Bea Cukai sebagain bagian dari Kementerian Keuangan telah menjalankan peran yang sangat strategis dalam mengumpulkan penerimaan negara, memberikan pelayanan kepada masyarakat sekaligus melaksanakan penegakkan hukum.

Dari sisi penerimaan negara, pada tahun 2019 Bea Cukai telah memberikan sumbangsih penerimaan negara sebesar Rp213,37 triliuan. Capaian ini tumbuh 7,82 triliiun dibanding tahun 2018 lalu atau tumbuh 102,2 persen melampaui target 3 tahun terakhir.

Di sisi pelayanan lanjut Gubernur, Bea Cukai terus meluaskan fungsi layanan dan fasilitas sehingga menjadi lebih cepat, mudah dan tanpa biaya. “Hal ini dapat dilihat dari peningkatan kualitas layanan penyelesaian dokumen kepabeanan dari rata-rata 0,58 hari pada tahun 2018 menjadi rata-rat 0,33 hari pada tahun 2019,” kata Gubernur.

Bea Cukai juga secara terus-menerus berupaya meningkatkan daya saing industry kecil dan menengah, memfasilitasi pengembangan IKM berbahan baku lokal, menyederhanakan perizinan dan berbagai extra effeck lainnya secara berkesinambungan.

Di sisi penegakkan hukum menurut Gubernur, tantangan yang dihadapi oleh Direktorat Bea Cukai tidak semakin mudah. Sebagai instansi yang diberi kewenangan untuk melalukan pengawasan atas lalu lintas barang impor atau ekspor  yang melintasi batas negara, tugas berat terus menanti.

“Bea Cukai  memastikan tidak ada barang larangan dari luar negei yang masuk ke Indonesia. Kita juga melawan peredaran narkotika,senjata api, bahan limbah serta berbagai macam barang larangan lainnya,” kata Gubernur.

Gubernur mengatakan, pelaksanaan rapat kerja diproyeksikan untuk membuat perencanaan strategis di tingkat kewilayahan khusus Papua.  “Kami berharap rapat kerja ini dapat memberikan hasil  yang produktif bagi seluruh kantor Bea Cukai dalam persiapan menghadapi tahun 2020,” pungkas Gubernur.(lm)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed