oleh

Awasi Dana Desa, Tiap Distrik Digelontor Rp 50 Juta

-Metro-98 views

AIMAS– Terkait pengawasan Dana Desa (DD), setiap Distrik di Kabupaten Sorong memperoleh Dana Pengawasan sebesar Rp 50 juta. Pendelegasian wewenangan terhadap masing-masing distrik diberikan oleh Bupati Sorong, Dr. Johny Kamuru,S.H.,M.Si untuk melakukan pengawasan secara langsung terkait DD.

“Masing-masing distrik menerima Rp 50 juta. Dana Pengawasan ini sudah dari tahun lalu,” kata Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Sorong, Ari Wijayanti,SE.,MM kepada Radar Sorong, Kamis (30/1) di Kantor Baperlitbang Kabupaten Sorong.

Pengalokasian dana pengawasan tersebut dimasukkan ke dalam Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) oleh masing-masing Distrik. Dimana selain mengontrol pelaksanaan dan pertanggungjawaban penggunaan DD, Distrik juga berkoordinasi dengan Badan Pemberdayaan Masyarakat Kampung (BPMK) Kabupaten Sorong.

“Sebelumnya ada SK Bupati terkait pendelegasian kewenangan ini ,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala BPMK Kabupaten Sorong, Maklon Wally, S.Sos.,M.PA menyampaikan, dana pengawasan yang diberikan kepada Distrik di Kabupaten Sorong, menurutnya dapat memperkecil penyalagunaan DD yang pada tahun anggaran 2020, penyalurannya sudah langsung diberikan ke Rekening Kas desa (RKD) dari Rekening Kas Umum Negara (RKUN).

“Karena untuk tahun anggaran 2020, skema yang digunakan langsung ditransfer dari RKUN ke RKD,” ucapnya.

Hal tersebut menurutnya sangat membantu, dimana monitoring memang sebaiknya menjadi tanggungjawab seluruh pihak. BPMK sendiri setiap tahunnya rutin melakukan monitoring, baik secara administrasi maupun kegiatan fisik yang dilakukan di lapangan. (nam)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed