oleh

Juni 2020, DOB Malamoi Siap Dimekarkan

-Metro-358 views

AIMAS – Rencananya, Juni 2020 Daerah Otonom Baru (DOB) Kabupaten Malamoi yang digagas  sejak tahun 2008 lalu siap untuk dimekarkan. Hal tesrebut disampaikan Asisten I Setda Kabupaten Sorong, Ishak Kambuaya, S.Sos.,M.Si kepada Radar Sorong saat ditemui di ruang kerjanya, Kemarin (29/1).

Menurutnya, alasan pemekaran DOB Malamoi menjadi salah satu persyaratan untuk pemekaran Papua Barat Daya (PBD). Dimana, untuk pemekaran PBD diperlukan 10 wilayah bawahan yang saat ini baru terdapat 6 wilayah bawahan yakni, Raja Ampat, Tambrauw, Kota Sorong, Maybrat, termasuk DOB Malamoi dan Maybrat Sau.

“Juni 2020, Malamoi ini siap dimekarkan. Malamoi, satu paket dengan pemekarang Papua Barat Daya,” katanya.

Malamoi rencananya akan memiliki 5 wilayah bawahan distrik. Namun, untuk pembentukan ibu kota wilayah, akan ditentukan sendiri oleh Masyarakat Malamoi. Dimana, ada beberapa distrik yang kemungkinan dijadikan sebagai Ibu Kota Malamoi yakni, di Distrik Klaso ataupun Moraid.

“Kalau ibu kota itu, masyarakat sendiri yang akan menentukan, untuk itu saya ada bilang mereka untuk membersihkan di Distrik Moraid juga,” ujarnya. Gagasan pemekaran DOB Malamoi menurutnya sudah dilakukan sejak tahun 2008, namun dengan persiapan yang dilakukan, pemekaran tersebut harus menunggu pencabutan moratorium oleh Presiden RI, Ir. Joko Widodo. “Kemarin kami harus menunggu pencabutan moratorium, tapi kita pastikan Juni 2020 ini sudah bisa dimekarkan,” bebernya. (nam)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed