oleh

Dinas Dukcapil Mulai Terapkan TTE

-Sorong Raya-243 views

TEMINABUAN-Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Sorong Selatan (Sorsel) mulai menerapkan Tanda Tangan Elektronik (TTE) untuk dokuman administrasi data kependudukan.

Kepala Dinas Dukcapil Sorsel Drs.Geroge Japsenang, M.Si menjelaskan, penerapan tanda tangan digital atau TTE merupakan inovasi Direktorat Jenderal (Ditjen) Kependudukan dan Catatan Sipil Kementrian Dalam Negeri.Dasarnya itu Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 7 Tahun 2019 tentang Pelayanan Administrasi Kependudukan Secara Daring.Khusus Kabupaten Sorsel baru beberapa dokumen yang dibubuhi dengan TTE antara lain Akta Kelahiran, Kartu Keluarga, Akta Kematian dan Surat Pindah Keluar, Akta Pengesahan Anak, dan Akta Pengakuan Anak.Jadi belum semua karena ini dilakukan secara bertahap.

Penerapan TTE ini bertujuan untuk mempercepat proses pengurusan administrasi kependudukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sorsel. Mengingat pejabat terkait bisa langsung melakukan tanda tangan elektronik berbarcode yang sudah terhubung dengan server Dukcapil.”Jadi untuk melakukan pengesahan dokumen kependudukan masyarakat tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan tanda tangan dari pejabat terkait. Tidak hanya itu, tanda tangan itu sulit untuk dipalsukan,” ungkapnya.

Diterangkan Kepala Dinas Dukcapil George Japsenang, Penerapan TTE inimerupakan tindak lanjut dari amanat pasal 5 ayat (5) Permendagri Nomor 7 tahun 2019 tentang Pelayanan Administrasi Kependudukan secara daring untuk memberikan layanan yang lebih cepat, mudah dan aman.

Ia menambahkan, TTE pada penerbitan Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran menggunakan QR (Quick Record) Code tanpa ada tanda tangan basah dan stempel Dinas.Artinya, untuk mengetahui keabsahan/kevalidan data, bisa diketahui dengan memindai menggunakan QR Scanner.Pada prinsipnya, ini diberlakukan di seluruh Indonesia. Tujuannya tentu agar penerbitan dokumen kependudukan lebih cepat, efektif dan efisien. (jus)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed