oleh

Tibo ‘Tersingkir’ dari Persipura

JAYAPURA-Persipura Jayapura akhirnya mengugumkan skuad  Mutiara Hitam untuk musim kompetisi 2020. Dari 24 pemain yang diumumkan, tak ada nama Titus Bonai dan Yohanis Tjoe. Kedua nama tersebut dipastikan tidak akan memperkuat Persipura Liga I musim 2020. Pengumuman skuad Persipura Jayapura dilakukan dalam seremonial yang digelar manajemen Persipura di Restoran B-one, Jayapura, Selasa (21/1).

Dari 24 pemain tersebut, 17 diantaranya merupakan pemain lama yakni Boaz Solossa, Ricardo Salampessy, Ian Kabes, Tinus Pae, Dede Sulaiman, Valentino Telaubun, M. Tahir, Marinus Wanewar, Fitrul Dwi Rustapa, Israel Wamiau, Mario Fabio Londok, Gunansar Mandowen, Kevin Rumakiek, Evraim Awes, Todd Rivaldo Ferre, Patrick Womsiwor dan Theofilo Numberi. 

Persipura juga mendatangan eks pemainnya, Yohanis Ferinando Pahabol dari Kalteng Putra, Gerry Mandagi, Imanuel Rumbiak, Takuya Matsunaga (Jepang), Thiago Amaral (Brasil),  serta Arthur da Cunha (Brasil), dan Sylvano Comvalius (Belanda) yang musim lalu memperkuat Arema FC. “Itulah pemain-pemain yang sudah kami kontrak dan juga diperpanjang masa bhaktinya. Semuanya adalah pilihan dan rekomendasi dari pelatih Jacksen F. Tiago,” kata Ketua Umum Persipura Jayapura, Benhur Tommy Mano, Selasa (21/1). 

BTM ~sapaan akrabnya~ yang juga Walikota Jayapura ini enggan menjelaskan terkait tidak adanya nama Titus Bonai dan Yohanis Tjoe dalam skuad yang diumumkan. Kabar yang breeder, Tibo kembali ke mantan klubnya Borneo FC, sementara Yohanis Tjoe belum diketahui kemana ia akan melanjutkan karir profesionalnya. “Kita tidak sabar dalam menunggu kapan nama-nama ini diumumkan, kita melakukan pendekatan secara baik-baik. Sebagai contoh bila kita akan mengambil pemain dari Arema, bukan langsung kita ambil tapi kita koordinasi baik. Persipura punya nilai tawar yang tinggi bagi para pemain, itu kita ambil atas rekomendasi dari pelatih, kita hanya melakukan eksekusi karena dia (pelatih) yang melatih mereka di lapangan,” tandasnya. 

Kendati telah mengungumkan skuadnya, Persipura masih mungkin melakukan penambahan pemain. Manajemen akan melakukan seleksi terhadap sejumlah pemain lokal Papua sebelum menggelar pemusatan latihan di Malang.  “Musim 2019 kami sering ganti pelatih sehingga ada yang meminta supaya saya diganti. Terimakasih atas dukungan dan partsitipasinya dan kami tetap eksis sampai sekarang. Di tengah cemohan dan hinaan, bagi saya itu hal biasa, tidak pernah saya melaporkan  ke Polda,  itu hal biasa dan saya tetap bersama Persipura Jayapura,” pungkasnya.

Pemain  asal Brazil Thiago Amaral yang didatangkan oleh pelatih Jakcsen F. Tiago, dipastikan akan  tiba di Indonesia mengikuti latihan perdana Persipura pada 25 Januari mendatang. Manajemen Persipura sudah berkoordinasi  dan memastikan hal tersebut. “Kita punya rencana besok, 23, 24 dan 25 kita  melakukan seleksi khusus putra Papua di lapangan PTLD Waena. Besok (Hari ini,red) pagi sampai 24 kita seleksi, tanggal 25  kita melakukan TC dan mengumumkan beberapa pemain yang lolos dalam seleksi. Para pemain yang kita rekrut ini sesuai dengan kebutuhan tim,” kata pelatih Persipura Jayapura, Jacksen Tiago. (al)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed